• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

LPSK Bisa Lindungi Harun Masiku, Ini Syaratnya

20 January
21:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, LPSK bisa memberikan perlindungan kepada caleg PDIP Harun Masiku dalam kasus dugaan suap Wahyu Setiawan, jika Harun Masiku merupakan saksi pelaku.

"LPSK bisa (prlindungan, red) kalau posisinya harus sebagai saksi pelaku. Kami belum tahu, karena yang lebih tau adalah aparat penegak hukum, dalam hal ini adalah KPK," ungkap Hasto Atmojo, pada Pro 3 RRI, Senin (20/1/2020).

Meski demikian, kata Hasto jika hal itu diajukan, maka pihaknya kemudian melakukan koordinasi dengan pihak penegak hukum. Selanjutnya LPSK juga akan melakukan investigasi.

"Kalau misalnya yang bersangkutan mengajukan permohonan, maka kami akan berkoordinasi dengan penegak hukum. Status dia apa dalam suatu tindak pidana ini. Kalau saksi atau korban bisa akan dilindungi, itupun kita akan lakukan investigasi apakah syarat material dan formil memenuhi syarat," ungkapnya.

Dimana jelas Hasto, yang menjadi syarat formil berupa identitas seperti KTP yang melekat pada si pemohon. Sedangkan syarat meteril adalah uraian tentang kasus, apakah yang bersangkutan berposisi saksi atau korban dalam satu tindak pidana.

"Kami akan putuskan di paripurna bersama tujuh anggota LPSK. Sampai saat ini belum ada permohonan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00