• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Baru Diprediksi, Kebakaran Lahan Sudah Lahap Setengah Hektar di Aceh Besar

19 January
23:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Kebakaran lahan melanda Desa Lampasie Engking, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (19/1/2020).

Peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 12.53 WIB.

"Telah terjadi kebakaran lahan pada Minggu, 19 Januari 2020, informasi diterima pukul 12.53 WIB, lokasi kebakaran ini berada di daerah perbukitan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP.

BPBD Aceh Besar mengerahkan satu armada pemadam kebakaran (damkar) ke lokasi kejadian. Proses pemadaman api ini juga turut dibantu aparat TNI, Polri dan masyarakat setempat. 

"Petugas piket pos Peukan Bada mengerahkan satu unit armada dengan 3 (tiga) personel ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Setiba di lokasi, petugas langsung melakukan pemadaman dan memblokade api sesuai arah angin supaya tidak menjalar ke sisi lain," ujar Farhan. 

Dia menyebutkan, luas kebakaran mencapai setengah hektar.

"Sementara penyebab kebakaran masih dalam penanganan pihak berwajib," pungkasnya.

BACA JUGA: BMKG Deteksi Titik Panas di Aceh Selatan, Awal Bencana Karhutla?

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas II Blang Bintang, Banda Aceh, mendeteksi titik panas di Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (19/1/2020). 

Titik panas ini terdeteksi oleh satelit terra, aqua, Suomi NPP sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

"Pantauan titik panas Provinsi Aceh 19 Januari 2020 pukul 07.00 WIB sampai dengan 19 Januari 2020 pukul 16.00 WIB, secara akumulasi terdapat satu titik panas di Provinsi Aceh," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas II, Blang Bintang Banda Aceh, Zakaria Ahmad, Minggu malam. 

Dia menyebutkan, titik panas itu terdeteksi di Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, dengan titik koordinat 97,65 bujur timur dan 2,83 lintang utara. 

"Titik panas yang terdeteksi ini dengan tingkat kepercayaan 81 persen," ujar Zakaria. 

Sebelumnya BMKG juga sempat mendeteksi 4 (empat) titik panas di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Jaya. 

"Saat ini Aceh sedang memasuki musim kemarau, sehingga tingkat kemudahan untuk terjadi kebakaran hutan, lahan, dan permukiman sangat mudah terjadi. Oleh sebab itu, kita mengimbau untuk selalu waspada," ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00