• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

31 Korban Kecelakaan Maut Bus Wisata Subang, Dirawat RS Universitas Indonesia

19 January
20:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Depok : Sebanyak 31 korban kecelakaan bus pariwisata rombongan warga Depok di Subang, Sabtu kemarin, kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), UI Kampus Depok. Mereka tiba di RSUI, menggunakan 21 unit ambulans, Minggu (19/01/2020), pukul 09:30 WIB.

"Tadi pagi pas nyampe ada 33 pasien, jam 13:00 WIB gitu, ternyata yang satu pasien luka ringan minta langsung pulang. Nah, seorang pasien lagi karena membutuhkan perawatan intensif, sementara ICU kita penuh, langsung dirujuk ke RS Hermina. Jadi saat ini totalnya ada 31 pasien korban luka-luka yang dirawat di RSUI," kata Humas RSUI.

BACA JUGA: Bus Wisata Terbalik Telan Delapan Jiwa di Subang, Banyak Ditemukan Keanehan

Dari total 31 pasien yang dirawat di RSUI itu, terdiri dari mereka yang luka berat, sedang, hingga ringan. Sebanyak 6 (enam) pasien mengalami luka berat patah tulang yang parah dan pendarahan di bagian kepala, 17 pasien telah dipindahkan ke ruang rawat inap dan 8 (delapan) pasien lainnya luka ringan.

"Kalau yang 17 pasien kan sudah dilakukan penanganan tuh, karenanya dipindahkan ke ruang rawat inap sekarang. Paling yang jadi konsen kami saat ini yang enam pasien luka berat ini, untuk dilakukan tindakan operasi," jelasnya.

Secara terpisah, Camat Cipayung Asep Rahmat mengatakan, keseluruhan ada 48 korban luka-luka pada kecelakaan tunggal bus pariwisata di Kampung Palasari II, Babakan Cisaat, Subang, Sabtu (18/01) kemarin, dimana 33 pasien dirujuk ke RSUI, sementara 15 pasien lainnya dirujuk ke RSUD Sawangan, Kota Depok.

"Sudah tiba di Depok semua korban luka-luka. Kami mendapat informasi, ada rumah sakit yang menampung semua pasien yakni RSUI dan RSUD Depok," kata Asep.

Baca Juga: Ini Data Korban Kecelakaan Maut Bis Pariwisata di Subang

Sebelumnya, bus pariwisata bernomor polisi E 7508 W mengalami kecelakaan tunggal, terguling di Jalan Raya Subang-Bandung, tepatnya di Kampung Palasari II, Babakan Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang pada Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 17:00 WIB.

Menurut saksi mata, Ahya Nurdin (37), pada saat kejadian kendaraan datang dari arah Bandung menuju Subang, namun tiba-tiba saja terbalik.

"Saya juga tidak tahu penyebabnya, tiba-tiba saja bus itu terbalik Pak," ujar Ahya kepada wartawan di Subang, Sabtu (18/01/2020).

Diketahui bahwa bus pariwisata itu membawa rombongan Kader Posyandu Kelurahan Bojong, Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Bus pariwisata tersebut membawa penumpang plus pengemudi dan kernet hingga total berjumlah 57 orang.

Rekomendasi Berita
  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Miechell Octovy Koagouw

    Miechell Octovy Koagouw Editor RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00