• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Saksi Sebut Bus Purnamasari Ngebut di Subang, Berakhir Maut 8 Orang

19 January
02:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Subang : Kecelakaan yang berujung maut terhadap delapan penumpang bus milik Perusahaan Otobus (PO) Purnamasari dengan nomor polisi E 7508 W menjadi bagian dari sejumlah kasus nahas yang menimpa angkutan publik di tanah air akibat ketidakpatuhan pengendara dalam mengemudikan kendaraannya.

Dari keterangan yang diperoleh RRI, Mala Rosmiyati, salah seorang penumpang bus, mengatakan sopir bus membawa kendaraannya dengan sangat kencang.

Baca: Ini Penjelasan Korban Laka Bus Pariwisata di Jl. Raya Subang-Bandung Tadi Sore

"Mobil melaju sangat kencang. Saya ingatkan pak sopir. Eh malah gak didengar. Bahkan kami juga sempat berteriak-teriak. Dan kecelakaan itu pun terjadi tak lama setelah kami ingatkan pak sopir," ujar Mala di Subang, Sabtu (18/1/2020).

Delapan korban meninggal tersebut merupakan rombongan kader Posyandu Kelurahan Bojong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat yang tengah berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu dan termasuk juga sopir.

Sementara itu, kecelakaan lain akibat kelalaian pengemudi yang mengendarai bus dengan ugal-ugalan dan mengakibatkan penumpangnya harus meregang nyawa juga sempat terjadi di Sragen Jawa Tengah pada 16 Januari lalu.

Dari informasi yang dikumpulkan RRI, Bus pariwisata 88 Trans asal Jawa Timur berpacu dengan dua bus lainnya pada Kamis dini hari (16/1/2020) di jalan tol Solo-Kertosono di KM 544 yang berakhir dengan bus 88 Trans menghantam bagian belakang truk gandeng di lajur yang sama.

Baca: Sopir Bus Ugal-Ugalan Hantam Bokong Truk Gandeng, Satu Tewas, 9 Terluka

"Tiga bus itu sudah balapan dari Madiun. Entah gelap atau injak rem tidak sampai, salah satu itu menabrak bokong truk gandeng. Bagian depan bus rusak parah," ungkap saksi mata Nunk kepada RRI, Kamis (16/1/2020).

Kasatlantas Polres Sragen, AKP Sugiyanto membenarkan bahwa sopir bus, Bambang Sudarmanto (57), warga Kaliwates, Jember, Jatim, tewas di lokasi kejadian. Korban meregang nyawa akibat terjepit bodi bus yang ringsek. Sementara sembilan penumpang lainnya dilarikan ke rumah sakit. 

"Bus oleng menabrak body truk dari belakang. Sopir meninggal di tempat dengan luka parah. Kemungkinan besar sopir mengantuk," ujar Kasat Lantas AKP Sugiyanto.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00