• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Selain Ramah Lingkungan, Penerapan Biodiesel B30 Bisa Mengemat Impor Solar

17 January
15:21 2020
1 Votes (5)

KBRN, Samarinda : Ketergantungan akan energi fosil dan impor bahan bakar minyak di Indonesia saat ini sedang ditekan oleh pemerintah. Salah satu upayanya adalah dengan rencana penerapan kebijakan Biodisel 30 (B30).

Berdasarkan pertimbangan hasil uji dari kementerian energi dan sumber daya mineral (esdm) yang berlangsung sejak 13 juni 2019 lalu, biodiesel 30 sudah mulai berjalan sejak awal januari. B30 merupakan bahan bakar diesel jenis baru yang isinya terdiri dari campuran 70 persen solar dan 30 persen biodiesel.

Kebijakan ini mendapatkan tanggapan positif, salah satunya dari Pengamat Lingkungan Samarinda Maulana Yudistira. Berbicara kepada RRI di Samarinda Jumat (17/01/2020) pagi Yudis mengatakan, terobosan pemerintah akan biodiesel ini akan memberikan banyak manfaat.

Di saat masyarakat masih bergantung pada bahan bakar minyak yang tidak dapat diperbaharui, dengan adanya biodiesel ini akan memberikan banyak keuntungan dimana B30 akan berdampak ramah lingkungan.

“Nah terobosan pemerintah tentang biodiesel ini penggunaan antara bahan bakar nabati atau minyak sawit dicampur minyak seperti solar lebih ramah lingkungan dibanding bahan bakar minyak yang tidak menggunakan campuran, kalau tahun lalu B20 itu dinilai sukses, karna menurut pemerintah sendiri bisa menghemat impor solar bulanan sekitar 45 persen berarti kita bisa menyelamatkan devisa negara sekitar 5,5 milyar US Dollar,” ungkap Yudis.

Di sisi lain PT Pertamina (Persero) memiliki peran besar untuk mewujudkan target pemerintah menguatkan neraca perdagangan melalui strategi subsitusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Biofuel.

Selain akan menerapkan mandatori Biodiesel 30% atau B30 di tahun ini, pemerintah melalui pertamina juga akan terus mengembangkan penggunaan Green Diesel. ke depan, Pertamina juga akan membangun Green Refinery baru yang akan mampu mengolah 100% bahan baku nabati, tanpa campuran bahan bakar diesel, untuk menjadi Green Diesel.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00