• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Festival Durian Di Palembang: 1 Rupiah Bisa Makan Sepuasnya

10 January
21:30 2020

KBRN, Palembang : Seksi Acara Festival buah dan pertanian (Fespubernas III) Sumatra Selatan, Wayub kepada RRI menjelaskan, masyarakat pecinta buah durian ini bisa menikmati buah durian di stand yang telah di siapkan panitia, yaitu dengan membeli kupon seharga 50 ribu rupiah dipintu masuk stand, kemudian menukarkan kupon itu dengan buah durian, satu kupon berlaku untuk satu orang saja.

Karena keterbatasan tempat dikatakan Wayub, panitia hanya memberikan durasi selama 30 menit untuk menikmati buah durian sepuasnya, jika ditemukan buah durian busuk, mentah tidak manis (anyeb) pembeli bisa menukar dengan durian baru, yang berlaku makan ditempat.

Masyarakat juga dapat membeli kupon dengan harga 1 rupiah saja, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Ini merupakan program dari Bank Sumsel Babel, dimana pengunjung yang telah belanja dengan total lebih 500 ribu di area fespubernas menggunakan BSB Cash, dapat membeli kupon hanya 1 rupiah saja,” jelasnya di Fespubernas III Griya Agung, (10/01/2020) sore.

Selain durian, berbagai buah dan hasil pertanian asli sumsel di hadirkan, sedikitnya 152 stand dari dinas dan badan milik pemerintah, UMKM, kuliner turut hadir dalam pestival tahunan tersebut.

Ditempat yang sama, sekertaris panitia pelaksana, Mika Asri Selian menjelaskan, festival ini juga sebagai upaya untuk memperkenalkan bahwa Palembang tidak hanya dikenal dengan dukunya saja.

“Selama ini Palembang hanya dikenal dengan Duku saja, dengan harapan pestival ini dapat membut nama baru,  buah Nanas kita dari Prabumulih, durian dari Lahat, jeruk Gergah dari Pagaralam dan banyak buah lainnya, dan juga dapat bisa menjadi inspirasi bisnis dan pertanian mayarakat karena bertemu dengan petaninya langsung,” pungkasnya.


Festival ini merupakan kerjasama pemerintah provinsi Sumsel bersama Himpunan Alumni Institusi Pertanian Bogor untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2017 lalu, dan digelar di Griya Agung 10-12 Januari mendatang.

00:00:00 / 00:00:00