• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Menristek: Penelitian Jangan Hanya Berdasarkan Hobi Peneliti

12 December
16:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandung : Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro menegaskan, hasil inovasi haruslah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat banyak dan industri di Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Menristek/Kepala BRIN dalam sambutannya pembukaan "Pameran Poster dan Produk Program Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Inovasi di Kampus Ganesha, Institut Teknologi Bandung (ITB), Kamis (12/12/2019).

Menurut Bambang, untuk menghasilkan produk-produk inovasi, peneliti tidak boleh melakukan penelitian berdasarkan hobi semata, namun hasil dari penelitian tersebut haruslah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. 

"Jangan sampai penelitian hanya berdasarkan hobinya peneliti. Hobi itu harus diantar menjadi kewajiban, yakni kewajiban dalam berkontribusi langsung kepada masyarakat," kata dia. 

Selain itu, para peneliti juga harus memperhatikan tiga aspek dalam penelitian yang saat ini diinginkan oleh penelitian, yakni tepat guna, memiliki nilai tambah, serta dapat menjadi subtitusi impor.

"Mudah-mudahan ketiga aspek itu dapat dijadikan sebagai referensi, agar penelitian itu bisa tepat guna," ujarnya.

Menurut mantan Kepala Bappenas itu, para peneliti khususnya yang berada di lingkungan perguruan tinggi, harus mulai membangun hubungan dengan dunia industri, karena hasil penelitian saat ini juga harus mampu dikormesialisasikan agar bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat.

"Sebelum melakukan penelitian, salah satu tujuannya didasari inovasi yang muncul harus bisa dikomersialisasi kan sehingga bisa digunakan oleh dunia industri," tuturnya.

"Produk-produk inovasi sangat dibutuhkan untuk menopang ekonomi Indonesia," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00