• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Hukum Mati Koruptor, Pigai : Pernyataan Jokowi tak Perlu Ditanggapi

10 December
14:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai menilai pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait hukuman mati terhadap koruptor tidak perlu ditanggapi lebih jauh.

Pasalnya dia menilai pernyataan Jokowi terkait itu tak lebih dari sebatas wacana lama yang dilontarkan ke muka publik.

"Kalau menurut saya apa yang dilontarkan oleh Presiden itu tidak perlu ditanggapi. Itu wacana yang basi," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (10/12/2019).

Ditekankannya wacana yang dilontarkan Jokowi merupakan hal yang basi. Sebab wacana tersebut baru ada setelah Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru telah selesai dibahas.

"Sebenarnya (wacana) itu tidak memiliki landasan yang kuat. Karena undang-undang KPK kan sudah selesai. Jadi bagaimana barang yang baru sudah selesai, dia mau masukan ini. Pasal yang terkait dengan hukuman bagi para koruptor itu bisa dirubah," ujarnya.

Kecuali, lanjut Pigai, Jokowi mau menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu). Dimana dalam Perppu itu juga mengatur tentang hukuman mati terhadap para koruptor yang telah terbukti merugikan keuangan negara.

"Kecuali kalau presiden mau mengeluarkan Perppu. Dalam Perppu itu ada pasal terkait dengan hukuman itu," dorongnya.

Namun sayangnya, imbuh Pigai, revisi UU KPK yang baru malah terkesan melemahkan komisi anti rasuah. Padahal pemerintah ikut membahas perubahan undang-undang itu.

"Kalau memang hukuman (mati) bagi para koruptor, kenapa pemerintah revisi UU KPK. Terus terkesan seakan-akan melemahkan KPK yang selama ini justru memberikan kontribusi besar dalam pemberantasan korupsi di Indonesia," sesalnya. (Foto : Tangkap Layar YouTube/ TV One)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00