• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

114 Kasus Kebakaran Terjadi di Baubau Selama 2019

10 December
08:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan  (Damkar) Kota Baubau mencatat selama Januari hingga awal Desember 2019 terjadi 114 kejadian kebakaran.

Kasus yang  mendominasi adalah kebakaran lahan disusul kebarakn pemukiman, pertokoan hingga kendaraan warga.

Kepala dinas Damkar Kota Baubau, Tamsir Tamim menyebutkan, penyebab kebakaran lahan sendri ditengarai karena punting rokok, sedangkan kebakaran rumah rata-rata  karena arus pendek listrik dan  kompor meledak.

“Untuk tahun ini mulai Januari hingga 2 Desember kemarin 114 kebakaran dan paling banyak kebakaran lahan,” tutur Tamsir, Selasa (10/12/2019).

Melihat  tingginya angka kejadian kebakaran tahun ini, Damkar Baubau akan meningkatkan pencegahan dengan sosialiasi ke masyarakat utamanaya penanganan saat terjadi kebakaran di rumah dan lingkungan.

“Kedepan nanti tahap pencegahannya kita akan sosialisasi pencegahan kebakaran sehingga masyarakat paham penanggulangan kebakaran,” jelasnya.

Sementara itu, kata Tamsir, belum lama ini pihaknya kedatangan bantuan pengadaan satu unit mobil pemadam, sehingga total armada saat ini telah mencapai 8 (delapan) unit.

Kendati demikian jumlah tersebut belum memenuhi sepenuhnya kebutuhan Damkar, sebab idealnya harus  standby 10 unit untuk dapat menjakau seluruh wilayah, apalagi  intensitas kejadian kebakaran akhir-akhir ini cukup tinggi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00