• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Air Keruh, Ini Penjelasan PDAM Tirtawening Kota Bandung

8 December
15:42 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bandung: Ratusan pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung di beberapa wilayah,  mengeluhkan air yang keruh dan berbau. Kondisi tersebut terjadi di kelurahan Cibangkong kecamatan Batununggal, Kiaracondong, Babakan Hantap, Antapani, Padasuka hingga Cicadas, Cibeunying, Gatot Subroto .

“Pagi-pagi begitu buka keran, yang keluar airnya coklat, rada bau (berbau),” ungkap Revi salah seorang warga Kiaraconbdong Bandung, Minggu (8/12/2019).

Kondisi serupa juga menurutnya dialami oleh para tetangga. Air keruh berwarna coklat didapati ketika membuka keran.

Terkait hal tersebut pihak PDAM Tirtawening Kota Bandung meminta maaf. Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, air keruh tersebut akibat banjir bandang yang terjadi di sumber air baku.

“Kami meminta maaf kepada masyarakat Kota Bandung, khususnya pelanggan PDAM Tirtawening.  Kondisi itu akibat terjadinya banjir bandang di sumber air baku PDAM Tirtawening di wilayah Bandung Selatan, pada hari ini. Banjir membawa longsoran lumpur pekat dalam intake Cikalong. Akibatnya tingkat kekeruhan air baku meningkat tajam hingga 7000 NTU dengan debit normal,” ungkapnya, Minggu (8/12/2019).

Selain itu menurut Sonny, instalasi  PDAM Tirtawening Kota Bandung tidak dapat mengolah air dengan kekeruhan tinggi di atas standar. Pukul 03.00 WIB Minggu  dini hari kualitas air mulai dapat dikendalikan dan berangsur pulih, dan pukul 04.00 kualitas air dapat mencapai standar kualitas yang dipersyaratkan yaitu maksimum 5 NTU.

Adapun saat ini wilayah yang terdampak berdasarkan laporan petugas di wilayah timur yaitu daerah Kiaracondong, Hantap, Antapani, Margahayu Raya, Padasuka, Cicadas, Cibeunying, Cibangkong , Gatsu dan sekitarnya. Untuk wilayah barat yang terdampak daerah Teluk Buyung, Pagarsih, Cibaduyut dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasi atas terjadinya gangguan kekeruhan tersebut PDAM Tirtawening siap memberikan bantuan kepada pelanggan PDAM Tirtawening, dengan telah menyiapkan 17 armada tangki air untuk pelanggan yang terdampak dengan koordinasi dengan petugas wilayah pelayanan terkait,” pungkas Sonny.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00