• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dinas PMD : Dana Desa Tahun Depan Untuk Bengkulu Naik

8 December
14:01 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu menyebutkan, total nilai Dana Desa (DD) Provinsi Bengkulu pada tahun 2020 mendatang, akan meningkat ketimbang tahun ini.

Total penambahan DD tersebut diprediksi berkisar Rp. 2 milyar yang akan dibagikan kepada seluruh desa yang tersebar di 9 Kabupaten dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

“Secara nasional tambahan DD itu sekitar Rp.1,3 triliun, yang dibagi pada seluruh desa di Indonesia. Khusus untuk provinsi Bengkulu, kebagian sekitar Rp.2 miliar," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa-PMD Provinsi Bengkulu, M. Syahroni, kepada sejumlah wartawan di Bengkulu.

Dikatakan, dengan penambahan sekitar 2 milyaran tersebut, setiap desa diperkirakan mendapatkan tambahan Rp. 20 jutaan.

Dengan penambahan tersebut diharapkan, desa lebih kreatif dan inovatif dalam merealisasikan DD. Terutama melihat kondisi apa saja yang dibutuhkan dan menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat.

"Kades harus benar-benar aktif dalam melihat situasi dan kondisi didesanya. Terlebih pemerintah pusat minta DD tahun depan itu lebih banyak pada pemberdayaan ketimbang fisik," ujarnya, Minggu, (8/12/2019).

Lebih lanjut Syahroni, dari laporan yang diterima untuk realisasi DD tahun ini,masih banyak yang digunakan untuk pembangunan fisik. Oleh karena itu kedepan masing-masing Pemerintaha Desa benar-benar dapat merealisasikan DD lebih banyak untuk pemberdayaan masyarakat.

"Sesuai dengan instruksi dari pusat, sebenarnya kita mengimbau untuk lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat. Tetapi disamping itu juga kembali ke desa masing-masing, karena desa sendiri yang menentukan,dan kita tidak bisa untuk mengintervensi terlalu jauh," pungkas Syahroni.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00