• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasar Buku Malang, Ajang Literasi Pecinta Buku dan Seniman

6 December
13:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Memiliki sebutan sebagai kota pendidikan, event pasar buku sering digelar di Kota Malang. Kali inii, perhelatan pasar buku dan festival literasi kembali digelar di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ) di kawasan Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang. Dalam pasar buku yang digelar mulai 5 hingga 12 Desember 2019 ini, sedikitnya 10 ribu buku dari bergai judul dan penerbit terpajang rapi.

Bertajuk 'Ketemu Buku Malang ke-4', event di tahun ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini kita lebih banyak memberi ruang untuk para seniman yang ada di Malang. Karena kita yakin, literasi tidak melulu bagi para penggiat buku saja. Jadi literasi itu sangat luas bagi para peminat musik, budaya seni, dan yang lainnya," kata Mufarokhah, bagian humas pasar buku dan festival literasi, Jumat (6/12/2019).

Tak hanya menjual buku, namun event ini memiliki misi khusus. Yakni ingin mengajak seluruh masyarakat dari semua umur dan golongan agar gemar membaca buku. Sebab, kegiatan ini juga diwarnai bedah buku, workshop, program wisata buku yang diikuti siswa sekolah mulai jenjang SD hingga SMA, serta momen berbagi dari para penggiat musik dan seni budaya di Malang. "Untuk program wisata buku ini antusias siswa sangat tinggi," tuturnya.

Masyarakat pun bisa bebas datang ke pasar buku ini secara gratis. Selain itu, pihak penyelenggara juga menyiapkan harga khusus untuk berbagai jenis buku, sehingga harganya lebih terjangkau.

"Pameran buku kali ini jenisnya lebih beragam, karena hampir semua penerbit di Indonesia ikut bergabung, ada juga hot sale mulai Rp 5 ribu per buku," imbuh Mufa.

Salah seorang pengunjung, Hardika Pratiwi mengaku senang dengan adanya event pasar buku tersebut. Sebab, para penggiat buku punya kesempatan memilih berbagai jenis buku dengan harga yang terjangkau. "Saya senang karena buku yang disediakan disini berasal dari berbagai macam genre, harganya juga lumayan terjangkau," tutur Hardika yang saat itu membeli buku non fiksi pengembangan diri dan buku Islami. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00