• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Diduga Korupsi, Jaksa Tahan Mantan Kades dan Bendahara Kampung Pegasing

5 December
08:44 2019
1 Votes (3)

KBRN, Takengon: Jaksa resmi tahan AS, 48 tahun mantan Kepala Desa (Reje) dan MA, 33 tahun yang merupakan mantan bendahara Kampung Pegasing, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Mereka ditahan pasca ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi dana desa tahun anggaran 2015. Keduanya ditahan di Rumah Tahanan Kelas II B Takengon. Penahanan itu berlangsung pasca pelimpahan dari polisi pada Rabu (4/12/2019) sore.

Kajari Aceh Tengah melalui Kasi Pidsus Zainul Arifin kepada RRI mengatakan, penahanan itu dilakukan demi memudahkan proses hukum. Pasca menerima berkas perkara itu dinyatakan lengkap katanya, Jaksa langsung menyusun kelengkapan administrasi untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Banda Aceh.

"Kita upayakan dalam waktu dekat sudah kita limpahkan ke Tipikor," katanya, Kamis (5/12/2019).

Ia juga membenarkan kerugian negara akibat perbuatan kedua tersangka Rp 194 juta dari total sumber anggaran dana desa Kampung Pegasing tahun 2015 Rp 1,064 M lebih.

Objek dugaan korupsi itu katanya, seperti tidak sesuai antara bukti pengeluaran dengan data pendukung, Mark Up harga material, adanya dugaan belanja fiktif dan kekurangan volume pekerjaan.

Rabu sore kemarin, polisi melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi ke Kejaksaan Negeri Takengon. Bersamaan dengannya, polisi turut menyerahkan dua tersangka dan uang tunai Rp 20.550.000 sebagai barang bukti. Perkara itu mulai ditangani polisi sejak September 2018.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00