• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Banjir Kepung Aceh Singkil, Puluhan Rumah dan Jalan Lintas Terendam

4 December
22:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singkil : Tingginya curah hujan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh mengakibatkan puluhan rumah di sejumlah Kecamatan di Aceh Singkil terendam banjir.

Banjir dilaporkan juga merendam jalan lintas yang menghubungkan Aceh Singkil - Subulussalam. Banjir disebabkan karena meluapnya sungai Lae Cinendang dan Sungai Pangkalan Sulampi.

Hal itu di benarkan  Kepala  Desa Bulusema, Kecamatan Suro, Aceh Singkil Hadiman, bahwa Desa yang terletak jalan nasional menuju Kota Subulussalam itu kembali di Landa banjir sekitar pukul 20.00 wib tadi. 

"Benar Desa kami kembali dilanda banjir. Selain bajir merendam puluhan rumah warga, juga badan jalan ikut  terendam sehingga sulit untuk  dilalui terutama roda dua," katanya Rabu (4/12/2019) malam. 

Sementara Camat Suro Abdul Hanan  mengatakan banjir kembali Landa Kecamatan Suro. Menurutnya, selain Desa Bulusema, Desa Pangkalan Sulampi juga ikut terendam banjir.

Abdul Hanan mengungkapkan, banjir ini mengakibatkan banyak rumah penduduk terendam. Menurutnya, banjir yang melanda Desa Pangkalan jarang terjadi.

“Banjir di Pangkalan Sulampi lebih dahsyat lagi, karena air besar dan terlihat sangat kencang, serta air yang  datang secara tiba - tiba dari bukit biasa di sebut warga setempat Lae petal,” bebernya.

Sementara itu, hasil pantauan RRI, selain banjir merendam perumahan warga di Kecamatan Suro, juga terlihat di Kecamatan Simpang Kanan dan Gunung Meriah, Singkohor, Kota Baharu  dan Kecamatan Singkil seminggu terakhir ini banjir juga menggenangi pemukiman masyarakat dan badan jalan.

Seperti di Kecamatan Simpang Kanan pada hari ini, yaitu Desa  Silatong, Ujung Limus dan Tanjung Mas air banjir sudah mulai masuk ke wilayah pemukiman warga.  Sedangkan di Kecamatan Gunung Meriah benjir merendam Desa Cingkam.


00:00:00 / 00:00:00