• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Kejari Sukoharjo Tangkap Koruptor, Sudah jadi Buron 11 Tahun

4 December
22:28 2019
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo :  Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo berhasil menangkap Murad Irawan terpidana kasus korupsi buku ajar Balai Pustaka tahun 2008. 

Murad Irawan warga Duren Sawit, Jakarta Timur ditangkap, pada Selasa (3/12/2019) sore bersama Kejari dan tim Polresta Surakarta di hotel kawasan Srambatan Solo.

Kajari Sukoharjo Tatang Volleyantono saat memberikan keterangan persnya menjelaskan, awal penangkapan itu setelah pihaknya mendapat laporan jika pelaku kasus Balai Pustaka tersebut sedang berada di Solo dari aktivitasnya check in di sebuah hotel.

“Ya, melalui laporan tersebut, tim Kejari  langsung berkoordinasi dengan Polresta Surakarta untuk melakukan penangkapan terhadap Murad Irawan. Setelah tertangkap, terdakwa Murod langsung dieksekusi dan langsung menjalani hukumannya di Rutan Kelas 1A Surakarta ,” ungkap Tatang kepada wartawan, Rabu (04/12/2019).

Lebih lanjut Kejari Sukoharjo Tatang Volleyantono juga mengatakan Murad Irawan merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak masih lidik sampai kasus tersebut diputus vonis hukuman 8 tahun penjara, dengan Surat Putusan nomor 130/pid-b/2008/PNSKH tanggal 13 Februari 2009.

“Tertangkapnya Murod Irawan merupakan keberhasilan dari jaringan program Adyaksa Monitoring Centre, yang terhubung secara nasional, yakni program untuk melacak DPO dari indentitas yang terpantau secara online,” ulas Tatang.

Menurutnya, Murad Irawan merupakan pelaku utama dan disidang secara in absentia, dan tidak dihadiri terdakwa. Namun secara hukum, vonis sah dan mengikat.

Seperti diketahui Kasus pengadaan buku ajar Balai Pustaka mulai bergulir pada tahun 2006 di sejumlah kota, salah satunya di Kabupaten Sukoharjo. Sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 3 miliar. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00