• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Milad GAM ke-43, Polda Aceh : Tidak Ada Pengamanan Khusus

4 December
16:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Hari ini, Rabu tanggal 4 Desember 2019 diperingati Milad ke 43 Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Milad GAM ini diperingati setiap tahun meskipun saat ini perjanjian damai telah disepakati antara GAM dengan Pemerintah RI yang tertuang dalam perjanjia MoU Helsingki pada tahun 2005 lalu.

Berkaitan dengan peringatan Milad GAM, Polda Aceh tidak melakukan pengamanan khusus. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apryono saat ditanyai RRI mengatakan, Polda Aceh tidak menambah pasukan untuk pengamanan pada saat Milad GAM.

Dikatakan Ery, Polisi hanya melakukan pengamanan seperti biasa sesuai SOP untuk menjaga kamtibmas, dan pengamanan ini juga dilakukan di setiap Polres dan Polsek jajaran di seluruh Provinsi Aceh.

“Kita tidak ada pengamanan khusus, hanya saja kegiatan kepolisian rutin tapi ditingkatkan. Ada patroli ada penjagaan. Itu di seluruh wilayah kabupaten kota,” kata Ery di Banda Aceh, Rabu (4/12/2019).

Ery mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh untuk sama-sama menjaga kemanan dan merawat perdamaian Aceh yang telah terjalin selama 14 tahun. Karena menurutnya, situasi kamtibmas di Aceh sudah cukup kondusif.

Saat ditanya berkaitan dengan Bendera bulan bintang yang kini masih menjadi polemik karena mirip dengan bendera sparatis, ery menegaskan pihaknya akan tetap menurunkan bendera tersebut jika ada pihak-pihak yang mengibarkan. Karena menurut Ery, bendera bulan bintang masih menjadi perdebatan antara Aceh dengan Pemerintah pusat, karena bendera tersebut dianggap mirip dengan bendera GAM.

“Ya kalau dikibarkan kita turunkan, karena itu tidak boleh, itu melanggar karena bendera itu kan masih menjadi polemik,” tutup Ery.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00