• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Hadapi Dunia Pekerjaan, BEM Unsoed Gelar Seminar Alumni

23 November
13:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Mengingat masih banyak para mahasiswa yang  setelah lulus dari bangku perkuliahan tidak tahu mau kemana apakah kerja atau berwirausaha, maka badan eksekutif mahasiswa (BEM) Unsoed menyelenggarakan seminar alumni di gedung Roedhiro, Unsoed Purwokerto, Sabtu (23/11/2019).

Seminar alumni itu mengangkat tema “Mengapa Potensi Anda Harus Ditingkatkan Di Era Milenial sekarang?”.

Dalam seminar tersebut juga menghadirkan para pembicara seperti Arief Mulyadi, Direktur Utama Permodalan Nasional Madani (PNM) alumni fakultas biologi tahun 1987, Luwarso, Komisaris PT. BUMR alumni fakultas pertanian tahun 1986 dan Helmy Azhar Fachry, Founder & CEO YMI Group, alumni fakultas hukum tahun 2013.

Kegiatan seminar yang lebih ditekankan kepada berbagi pengalaman itu  diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa Unsoed dan perguruan tinggi lainnya di kota Purwokerto.

Pada kesempatan itu, salah satu pembicara yaitu Helmy Azhar Fachry menceritakan pengalamannya setelah lulus kuliah sampai bisa seperti sekarang ini. Awalnya, lanjutnya, setelah lulus SMA, kedua orang tuanya mengingingkan dirinya  masuk kedinasan atau menjadi anggota Polisi.  

Namun, akhirnya dia pilih melanjutkan kuliah di fakultas hukum sambil belajar bisnis yang digelutinya sejak di bangku SMA.  Di semester ketiga, karena hobinya basket, tiba-tiba Helmy mendapat musibah patah kaki sehingga keinginan orang tuanya untuk masuk sekolah kedinasan atau jadi polisi pupus sudah dan kecewa.

Dengan musibah itu, Helmy terus berbisnis sambil kuliah hingga seperti sekarang ini. Dari cerita pengalamannya tersebut, Helmy mengajak para mahasiswa harus memiliki lompatan seperti sifat kupu-kupu atau teori  butterfly efectual.

”Dimana kita harus mau dulu berkorban, merubah dari hal yang jelek. Tapi bagaimana dia bisa mentransformasi, dia bisa berubah menjadi kupu-kupu yang sangat indah. Bahkan sampai dimuseumkan, sampai dibangga-banggakan,"ungkapnya.

Dengan teori itu, lanjutnya, jika para mahasiswa ingin sukses seperti dirinya ada tiga hal prinsip yang harus dipegang yaitu tujuan (purpose), pengaruh (leverage), dan kemasyarakatan (community).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00