• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

AHY Sebut Pilkada Milik Rakyat

19 November
20:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons usulan evaluasi pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung menjadi pilkada tidak langsung. AHY mengaku tak ingin demokrasi Indonesia mundur.

"Artinya begini, kita tidak ingin demokrasi kita mudur. Yang jelas, kami ingin bersama-sama menegaskan suara rakyat, bahwa pilkada itu sudah milik rakyat," ujar AHY  di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Baca juga :Ini Kata Mendagri Terkait Isu Proses Pilkada Dikembalikan Lewat DPRD

Wacana pilkada kembali lewat DPRD, AHY menilai hal tersebut sebagai penyimpulan yang salah. Sebab, terangnya, pilkada sudah seharusnya dijadikan ajang bagi rakyat memberikan suara. Terutama, kala rakyat diberikan ruang kebebasan dalam memilih pemimpinnya secara langsung.

"Saya rasa rakyat juga tidak akan menerimanya begitu saja. Toh rakyat juga pastiya akan protes dan kecewa,"

Maka dari itu, dia menegaskan agar semua pihak menghormati hak yang sudah melekat pada rakyat. Momentum reformasi 1998 jangan pula diabaikan begitu saja.

"Kita bangun demokrasi Indonesia semakin matang dan juga berkeadaban dalam prosesnya. Tetap juga terbuka untuk ruang diskusi yang baik," katanya.

Baca juga : Respons PDIP Taggapi Wacana Tito Karnavian Terkait Perubahan Sistem Pilkada

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00