• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Rencana Pegawai KPK Jadi ASN, MenPANRB Belum Lapor Presiden

19 November
20:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menjelaskan, wacana terkait pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) masih terus dimatangkan. Tjajo menuturkan, dirinya masih belum dapat berbicara banyak mengenai rencana peralihan status pegawai KPK.

"Saya belum laporkan (ke Presiden), tapi saya sudah ketemu dengan teman-teman di KPK. Belum saatnya saya sampaikan, supaya matang dulu lah." ujar Tjahjo singkat usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana pada Selasa (19/11/19).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi telah melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk membahas wacana mengenai peralihan status pegawai KPK.

Namun sayang, Menpan RB Tjahjo Kumolo masih enggan berbicara mengenai langkah-langkah yang akan diambil terkait peralihan status pegawai KPK itu. Tjahjo berujar, pihaknya masih terus mematangkan langkah-langkah yang akan diambil. Selain itu, dirinya juga belum melaporkan hal itu kepada Presiden Joko Widodo. Namun, Tjahjo mengatakan, dengan beralihnya status kepegawaian para pegawai KPK menjadi ASN, maka mereka semua berpeluang untuk pindah ke instansi lainnya. 

"Saya belum mau komentar ya, tapi sebenarnya dengan teman-teman (KPK) masuk ASN, maka mereka tidak seumur hidup jadi pegawai KPK. Dia bisa pindah ke Kemendagri, bisa ke Kemenpan RB, bisa ke mana-mana. Belum matang, tapi konsep sudah ada. Kami sudah bertemu dengan Sekjen KPK Pak Harefah, masukan para Deputi juga sudah masuk, bertahap." ujar Tjahjo menjelaskan.  

Seperti diketahui sebelumnya, hasil revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK telah disahkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019. Pengesahan tersebut dinilai banyak pihak memiliki pasal-pasal yang melemahkan peran KPK, salah satunya yaitu peralihan status kepegawaian KPK. Status ASN bagi pegawai KPK pun tercantum dalam Pasal 24 UU Nomor 19 tahun 2019.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00