• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BMKG : Waspada ! Empat Kabupaten di Aceh ini Berpotensi Banjir

19 November
14:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Blang Bintang Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi bencana banjir di sejumlah wilayah di Aceh. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi kelas I Blang Bintang Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan, ada empat wilayah yang berpotensi terjadi bencana banjir, karena wilayah ini diprediksi terjadi hujan. 

"Waspada potensi banjir di Aceh Utara, Pidie Jaya, Bireun, dan Aceh Jaya," kata Zakaria, Selasa (19/11/2019). 

Dia menyebutkan, berdasarkan pantauan citra satelit Himawari terdapat awan yang terkonsentrasi di Aceh bagian tengah.  

"Kalau saya perhatikan foto awan dari citra satelit himawari yg saya kirim, awan terkonsentrasi di Aceh bagian tengah dan hulu sungai umumnya di dataran tinggi yang salah satu sungai di Aceh Tengah bermuara ke Aceh utara dan dengan kondisi sungai yang penuh, maka saya perkirakan Aceh Utara berpotensi terjadi banjir lagi," beber Zakaria. 

Dia menyebutkan, kondisi ini juga berpeluang terjadi di wilayah hulu sungai Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. 

"Begitu juga hulu sungai Teunom dan Hulu saungai Meureudu di Gempang sehingga saya perkirakan daerah tersebut juga berpotensi berpotensi banjir," pungkasnya. 

Sejak kemarin Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan sejumlah wilayah di Aceh terjadi bencana banjir. Banjir terparah berada di Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Selatan. Selain di dua wilayah ini, Kabupaten Nagan Raya juga terdampak banjir seiring meningkatnya intensitas hujan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00