• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Diperiksa KPK Sebagai Saksi, Lukman Hakim Syaifuddin Enggan Cerita Terkait Materi Pemeriksaan

15 November
21:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini telah selesai melakukan pemeriksaan sekaligus meminta keterangan Lukman Hakim Syaifuddin, mamtan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia.

Lukman diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang saat ini sedang diselidiki KPK. Lukman menjalani pemeriksaan kurang lebih selama 7 jam di Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Saat ditanya wartawan, Lukman mengaku bahwa dirinya telah memberikan keterangan dihadapan  penyidik KPK. Lukman tampak terkihat keluar meninggalkan Gedung KPK pada sekitar pukul 20.10 WIB.

"Saya hadir untuk memenuhi undangan KPK dalam kaitannya memberikan keterangan terhadap proses penyelidikan yang saat ini sedang dilakukan oleh KPK. Oleh karenanya, saya hadir untuk memenuhi undangan tersebut, untuk memberikan keterangan terkait proses penyelidikan dimaksud," kata Lukman Hakim Syaifuddin di Gedung KPK Jakarta.

Saat ditanya lebih detil terkait seputar materi pemeriksaan, Lukman enggan berkomentar lebih jauh atau tidak bersedia memberi tahu lebih rinci kepada wartawan. Lukman hanya bercerita bahwa dirinya sempat ditanya terkait kasus perkara yang sedang diselidiki KPK. 

"Penyelidikan tentang apa, tentu saya secara etis dam tidak pada tempatnya sampaikan di sini, silakan saudara-saudara, rekan media menanyakan langsung ke KPK, karena ini sudah proses hukum, materi hukum yang tentu sekali lagi saya harus hormati," kata Lukman kepada wartawan.

"Silahkan tanyakan langsung ke KPK, jangan tanyakan ini, mohon dimaklumi, mohon dimengerti, saya nggak bisa memberikan keterangan yang lebih jauh," tegasnya.

Sementara itu Kabiro Humas KPk Febri Diansyah sebelumnya menjelaskan kepada wartawan terkait materi pemeriksaan Lukman merupakan pemeriksaan lanjutan terhadap Lukman saat masih menjabat sebagai Menag. 

Febri mengatakan bahwa Lukman ditanya KPK sepitar penyelenggaraan ibadah haji. Feberi menambahkan yang bersangkutan juga ditanya terkait  adanya dugaan penerimaan gratifikasi di Kementrian Agama (Kemenag).

"Penyelidikan terkait dengan pelaksanaan tugas dan kewenangan yang bersangkutan (Lukman Hakim Syaifuddin) di Kementerian Agama, kalau yang sebelumnya pernah kami sampaikan terkait dengan penyelenggaraan Haji dan juga dugaan penerimaan gratifikasi di Kemenag, jadi baru 2 poin itu yang bisa kami sampaikan," pungkas Febri Diansyah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00