• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Periksa Semua Tas, MRT Tak Main-Main dengan Keselamatan Penumpang

15 November
15:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : PT Mass Rapid Transit Jakarta memperketat pengamanan di semua stasiun moda raya terpadu (MRT). Tidak hanya dengan alat metal detector lagi, saat ini tas bawaan milik para penumpang juga diperiksa oleh para petugas keamanan.

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin, menjelaskan, pengetatan keamanan itu dilakukan karena MRT merupakan salah satu objek vital yang banyak digunakan oleh masyarakat. Upaya itupun katanya setelah berkordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kami kordinasi intensif (dengan kepolisian). Saat tertentu, tidak hanya saat ini saja. Sebelumnya juga begitu. Saat tertentu diperlukan pengetatan keamanan,” aku Kamaluddin kepada wartawan, Jumat (15/11/2019).

Pengetatan keamanan itu dilakukan, tekan dia, karena MRT ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua penumpang. 

“Sekarang sih, pengetatan keamanan masih wajar, belum sampai kayak dulu pernah sangat memperketat. Sekarang baru pakai metal detector dan tas yang masuk stasiun kami minta untuk buka. Cukup sampai di situ untuk kondisi saat ini,” imbuhnya. 

Jadi untuk saat ini, di semua stasiun MRT, tas penumpang akan dibuka. Itu SOP yang sedang dijalankan. Dan semua petugas di semua stasiun sudah menjalankan SOP itu.

“Setiap kordinasi dengan kepolisian, kami ukur pengetatan keamanannya sejauh mana. Sesuai SOP tas itu harus dibuka sekarang. Itu sudah ada peraturannya,” imbuhnya.

“Dan yang ini juga hanya berlaku bagi yang bawa tas. Yang gak bawa ya gak perlu,” lanjutnya. 

Lebih lanjut kata dia, jika nanti ada petugas keamanan yang tidak menjalankan SOP tersebut, pihaknya akan memberikan sanksi. Hak itu dilakukan karena pihaknya menganggap keamanan dan keselamatan penumpang merupakan hal yang sangat penting.

“Kami sangat serius. Keamanan semua penumpang prioritas kami,” .

Tak lupa, dia pun meminta semua masyarakat pengguna MRT untuk berlaku koperatif. Konternya dengan tidak membawa senjata, atau alat-alat berbahaya lainnya saat hendak menggunakan MRT.

“Untuk penumpang, saran saya koperatif. Karena hanya sebentar saja. Untuk pemeriksaan tas. Mohon jangan bawa sajam dan benda terlarang lainnya,” pungkasnya. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00