• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Gempa 5,1 SR Guncang Bali, Getaran Sampai Lombok dan Banyuwangi

14 November
18:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berkekuatan 5,1 SKala Richter (SR) mengguncang wilayah Buleleng, Provinsi Bali, Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 17.21.39 WIB.

Lokasi pusat gempa berada di laut, pada titik koordinat 8,16 Lintang Selatan, 114,90 Bujur Timur, atau 21 Kilometer Barat Daya Buleleng, Bali, dengan kedalaman 10 km.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya, @infoBMKG, seperti dilihat RRI, Kamis (14/11/2019).

BMKG kembali menginformasikan, gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di sejumlah wilayah. Di antaranya, getaran dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) di Buleleng, skala III MMI di Denpasar, III MMI di Kuta, III di Jembrana, III MMI di Mataram (Nusa Tenggara Barat/NTB), dan II MMI Banyuwangi (Jawa Timur).

Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan MMI III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Adapun MMI IV pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Belum ada data yang menyebutkan kerugian jiwa maupun material dari gempa tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00