• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Panggil Yamitema Laolly, Saksi Tersangka Isa Anshari Terkait Dugaan Suap Wali Kota Medan

11 November
11:24 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPk) hari ini dijadwalkam memanggil saksi bernama Yamitema T Laolly. Yamiema diketahui merupakan putra Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly.

Pelaksana Harian (Plh) Kabiro Humas KPK Chrystellina GS kepada wartawan di Jakarta memjelaskan Yamitema T Laoly akan dipanggil dalam kapasitasanya sebagai saksi kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Menurut Chystellina, kasus dugaan suap Itu melibatkan tersangka Dzulmi Eldin, Wali Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) nonaktif. Yamitema rencananya akan diperiksa untuk tersangka Isa Anshari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Medan. 

"Yang bersangkutan dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka IA (Isa Anshari)," kata Chrystelina GS kepada wartawan, Senin (11/11/2019).

Chystellina mengatakan bahwa Yamitema dipanggil dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Kani Jaya Sentosa. Menurutnya pemyidik KPK juga memanggil saksi lainnya bernama Rita Maharani Dzulmi Eldin dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Penyidik KPK sebelulmya telah menetapkam Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin sebagai tersangka kasus perkara dugaan suap. Penetapan tersangka dilakukan pada saat KPK menggelar kegiatan penindakan di lapangan atau  Operasi Tangkap Tangan (OTT). 

KPK telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus ini, diantaranya Dzulmi Eldin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari dan Kasubbag Protokoler Syamsul Fitri Siregar. 

Tersangka Dzulmi Eldin diduga menerima suap total Rp 330 juta.
Uang suap itu diduga untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas ke Jepang yang ditagih kepadanya sebesar Rp 800 juta.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00