• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Unimal Lhokseumawe Akan Teliti Isu Penyusutan Debit Air Danau Laut Tawar

6 November
13:21 2019
1 Votes (2)

KBRN, Takengon : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe jajaki kerjasama bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon. Penjajakan itu dimulai dengan pertemuan terbatas antara dua lembaga pendidikan tinggi itu yang dijamu langsung Rektor UGP Takengon, Amiruddin di ruang kerjanya, Rabu (6/11/2019).

Hadir dari Unimal, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. M. Nazaruddin, S.S.,M.Si,  didampingi Ketua LPPM Dr. Ir. Azhari, M.Sc., IPM., ASEAN.Eng, dan pejabat terkait.

Ketua LPPM Unimal, Dr. Azhari mengatakan, penjajakan kerjasama itu nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antar lembaga untuk dimulai kerjasama dalam berbagai penelitian.

"Draf MoU akan menyusul," ujarnya.

Salah satu fokus rencana kerjasama kata Dr Azhari, mengenai isu penyusutan debit air Danau Laut Tawar. Hasilnya, nanti akan disampaikan kepada pihak terkait termasuk pemerintah daerah Aceh Tengah sebagai bahan pertimbangan kebijakan pengelolaan danau kedepan.

Dr. Azhari juga mengaku, Danau Laut Tawar menjadi salah satu objek penelitian pihaknya mengingat menjadi sumber pemenuhan air bersih, tak hanya bagi masyarakat Aceh Tengah dan sekitarnya, namun juga sebagian kabupaten/kota di pesisir Aceh.

Dikatakan, pertemuan itu tak hanya membicarakan rencana kerjasama LPPM antar lembaga, namun juga membahas rencana penerimaan mahasiswa Pasca Sarjana di berbagai jurusan yang disepakati bersama sesuai kebutuhan daerah.

Rektor UGP Takengon, Amiruddin menyambut baik rencana kerjasama bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Unimal Lhokseumawe. Ia mengaku banyak hal yang di bahas dalam pertemuan terbatas itu demi menunjang berbagai penelitian untuk diimplementasikan dalam pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Ini langkah positif untuk kemajuan dunia pendidikan kita," kata Amiruddin.

Ia juga menyinggung jumlah mahasiswa yang mengenyam pendidikan di UGP Takengon 1.200 mahasiswa yang terdiri dari empat Fakultas; Pertanian, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Politik serta Tekhnik Informatika. Mereka kata Amiruddin, berasal dari sejumlah daerah di wilayah tengah Aceh.

Sebelumnya, penjajakan kerjasama LPPM Unimal Lhokseumawe juga berlangsung bersama LPP RRI Takengon. Penjajakan itu juga akan dilakukan penandatanganan MoU dalam waktu dekat. Kerjasama yang akan digagas itu terfokus pada publikasi hasil penelitian pihak Universitas sehingga mengedukasi masyarakat tentang suatu temuan ilmiah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00