• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Kampus UIN Paparkan Tantangan Santri Masa Kini

22 October
13:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Peringati hari santri, seluruh civitas kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kenakan pakaian khas santri seperti baju koko dan sarung bagi pria hari ini, Selasa (22/10/2019). Selain itu juga digelar upacara dengan semua petugasnya wanita dengan pakaian putih dan rok hitam.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Profesor Imam Taufiq menegaskan hari santri merupakan bentuk pengakuan pemerintah atas peran santri terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia. Tinggal santri masa kini dapat tidakkah meneruskan perjuangan santri zaman dahulu dalam mengisi kemerdekaan.

"Tinggal saat ini para santri harus berkomitmen untuk meneguhkan dan menyebarkan kedamaian di masyarakat," kata Imam usai upacara.

Menurutnya santri merupakan sosok multitalenta, bukan saja ilmu agama dan dunia namun juga aplikatif terhadap kondisi tempatnya berada. Sehingga sampai kini belum ada santri terlibat terorisme, radikalisme dan bertentangan dengan masyarakat karena santri berdakwah dengan kebijaksanaan.

"Tidak ada catatan seorang santri itu menebar kekerasan. Santri itu menyampaikan dakwah secara santun, ramah dan menyejukkan," ujarnya.

Prof Imam juga menambahkan, dengan adanya UU nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren, menjadi angin segar bagi pesantren. Hal ini karena dalam UU tersebut pesantren bisa tetap menjaga kekhasan yang dimiliki.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00