• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Semua Partai Berkoalisi, Pakar: Tak Ada Lagi Penyeimbang

22 October
08:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pakar Hukum Tata Negara, Juanda, menilai bahwa jika semua partai politik maju semua ke gerbong pemerintahan, maka tak akan ada lagi penyeimbang didalam dunia pemerintahan.

"Bagaimana potret pemerintahan kedepan ketika semuanya masuk kedalam ke gerbong pemerintahan? Dikhawatirkan biasanya melalui budaya-budaya yang kita kembangkan, kita anut ketika orang itu sudah masuk gerbong jadi keleluasaan  untuk mengkritik sudah tak ada lagi kemudian kemampuan untuk berfikir jernih, itu ada tirai disitu," jelasnya kepada RRI, Selasa (22/10/2019).

Selain itu, lanjutnya, jika seluruhnya berkoalisi dengan Presiden Jokowi nantinya akan terjadi kontrol yang sangat tidak efektif.

"Karena tidak ada kontrol yang sangat efektif dalam rangka menyeimbang, mengontrol kekuasaan yang sedang berlangsung biasanya ketika orang itu memegang kekuasaan itu lupa terhadap darimana dia, sedang dimana dia, mau kemana dia," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan, dirinya siap untuk memperkuat Kabinet Jokowi Jilid II. Hal itu diungkapkan Prabowo usai bertemu dengan Prabowo usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana pada Senin (21/10/19) sore.

"Kami diminta untuk memperkuat kabinet beliau. Dan saya sudah sampaikan dari Partai Gerindra apabila diminta, kami siap untuk membantu. Kali ini resmi diminta dan kami siap membantu." Ujar Prabowo.

Prabowo lebih lanjut menjelaskan, bahwa Presiden meminta dirinya untuk membantu pemerintah di bidang pertahanan. 

"Beliau izinkan untuk menyampaikan bahwa saya diminta beliau di bidang pertahanan. Tadi beliau memberi beberapa pengarahan. Saya akan bekerja serius untuk mencapai sasaran-sasaran yang dibutuhkan." Jelas Prabowo menambahkan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00