• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kekeringan Terus Meluas di Ponorogo, Wabup : Kami Selalu Standby

18 October
13:26 2019
2 Votes (5)

KBRN, Ponorogo : Menanggapi  pandangan sebagaian besar  Fraksi di DPRD Ponorogo yang mengemuka saat Rapat Paripurna terkait penanganan bencana kekeringan di Ponorogo yang semakin meluas, Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno meyakinkan langkah yang dilakukan Pemkab sudah optimal.

Pihaknyapun merasa prihatin dan meminta masyarakat bersabar terkait kekeringan yang melanda sebagian wilayah Ponorogo karena musim kemaru yang masih berlangsung. Dan Pemkab selalu standby melihat perkembangan yang ada.

Wabup Soedjarno menjamin pelayanan droping air bersih terus dilakukan serapat dan semaksimal mungkin sesuai kebutuhan masyarakat, jika perlu dilakukan hingga malam hari. Bahkan ia meyakinkan berapapun anggaran yang dibutukan  akan dicukupi karena hal tersebut menyangkut kebutuhan vital masyarakat.

“Ini bulan-bulan Oktober seharusnya sudah turun hujan namun nyatanya juga belum turun hujan. Nah apapun situasinya dengan kondisi seperti ini  Pemerintah Daerah selalau standby terhadap warga kita, saudara-saudara kita  yang mengalami kekeringan. Droping air tetap kita laksanakan sebagaimana kebutuhan masyarakat yang memang mendesak betul. Mudah-mudahan cepat hujan ya”, terang, Soedjarno, Kamis (17/10/2019)

Terkait masukan sejumlah fraksi soal penanganan bencana kekeringan dalam RAPBD hal tersebut menjadi pertimbangan. Adapun anggaran biaya penangan bencana kekeringan sejauh ini  Sudjarno menyatakan hal itu bisa diambilkan dari Pos anggaran tak terduga, ataupun  di OPD terkait seperti BPBD dan PDAM.

“Kalau anggaran yang terkait dengan itu dari Tak terduga bisa. Dan masing-masing OPD terkait seperti BPBD atau PDAM bisa. Berapapun anggarannya kalau mendesak dan diperlukan pasti dicukupi”, Tandasnya  

Sementara itu sejumlah pihak diluar Pemerintah baik swasta, organisasi dan komunitas juga turut melakukan pelayanan droping air bersih ke serjumlah daerah yang mengalami krisis air, atas nama pemerintah daerah Wabup pun mengapresiasi dan mengucapkan terimkasih. Karena tidak mudah mendapatkan sumber air bersih yang dapat dilasurkan.

Pun Wabup menambahkan permasalahan kondisi alam seperti bencana kekeringan menjadi tanggung jawab sesama. Meskipun haltersebut  tak akan mengurangi komitmen pemkab dalam menanggaulangi bencana kekeringan di Bumi Reyog. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00