• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hari Ini, Semua Produk Wajib Bersertifikat Halal

17 October
08:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag) mewajibkan seluruh produk di Indonesia memiliki sertifikat halal mulai 17 Oktober 2019.

Hal tersebit diatur berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. 

"Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal," demikian tertulis dalam Pasal 4 UU JPH.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis MUI Asrorun Niam Sholeh menilai bahwa setelah ada UU JPH tersebut berlaku, terjadi sebuah pergeseran. Dimana dengan adanya UU JPH tersebut menjadikan semua pelaku usaha wajib memiliki sertifikasi halal.

"Setelah ada UU per hari ini 17 oktober 2019 maka ada pergeseran oleh UU by law dari yang asalnya voluntery menjadi mandatory," jelasnya kepada RRI, Kamis (17/10/2019).

"Seluruh produk yang diproduksi dan diedarkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal sebagaimana wajib terjamin kelayakan pangannya dengan produk dalam negeri dan luar negeri," sambungnya.

Menurutnya tidak ada perbedaan yang signifikan ketika ada dan tidak adany UU JPH. Perbedaan yang terlihat hanya dari sisi subtansial saja.

"Apa perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah jaminan produk halal yang masa persiapannya 5 tahun dan hari ini berlaku efektif kewajiban itu. Yang berbeda secara subtansial adalah sebelum adanya UU jaminan produk halal pengajuan sertifikasi halal basisnya adalah kesukarelaan dari produsen," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00