• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Satu Jemaah Haji Aceh Hingga Kini Masih Dirawat di Arab Saudi

4 October
01:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Aceh Muhammad Nasril mengatakan, hingga kini masih ada satu orang jemaah haji asal Aceh yang masih menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi. 

"Masih ada satu jemaah haji Aceh yang dirawat Arab Saudi bernama Aminah Muhammad Aji," kata Nasril yang juga Kepala Subbagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Kamis (3/10/2019). 

Nasril menjelaskan, jemaah haji yang sakit itu berusia 61. Tergabung dalam kloter 6. "Aminah Muhammad Aji, 61 tahun, berasal dari Aceh Utara. Ia tergabung dalam kloter 6," ujarnya. 

Nasril mengungkapkan, sebelumnya, Aminah akan dievakuasi langsung oleh tim medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) ke bandara Madinah dan ikut pulang bersama kloter 12. 

"Tapi tidak jadi, karena masih di Rumah Sakit (RS) Al Ansaar, Madinah, pasca rawatan karena infeksi paru-paru. Ia juga menderita hipertensi, darah manis dan kepikunan," terang Nasril. 

Nasril menyebutkan, kondisi Aminah saat ini sedang tidak sadarkan diri. "Ia dirawat dengan alat bantu pernapasan dan prosedur trakeostomi," katanya. 

Nasril menambahkan, sebelumnya satu orang jemaah haji wafat di Arab Saudi pada Rabu (2/10/2019) Waktu Arab Saudi. 

Almarhum merupakan jemaaah haji tertua dari Aceh. Almarhum meninggalkan dunia pada usia 99 tahun di Rumah Sakit (RS) King Faisal, Arab Saudi. 

Berdasarkan informasi dari tim dokter bernama dr Jerry Nasaruddin SpPD, salah satu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang menyebutkan, Mat Budin meninggal dunia pada pukul 15.50 Waktu Arab Saudi (WAS). 

"Almarhum tergabung dalam kloter BTJ 07, tanggal 2 Oktober 2019,  jam 3: 50 PM, di RS King Faisal," kata Nasril di Banda Aceh, Kamis (3/10/2019). 

Nasril menjelaskan, Mat Budin tergabung dalam jemaah kelompok terbang (kloter) 7, yang berasal dari Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Banda Aceh. Tetapi, sampai kloter terakhir jemaah haji Aceh, kloter 12 tiba di Aceh, 15 September lalu, ia belum direkomendasikan pulang karena masih tidak sadar. 

Ia dirawat di RS King Faisal sejak 18 Agustus lalu karena diagnosa radang paru-paru kronis (COPD), gagal ginjal kronis (CKD) dan detak jantung yang tidak teratur. Selama itu, ia dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RS King Faisal dengan alat bantu pernapasan dan pemasangan selang nasogastrik (NGT).

Menurut Nasril, Mat Budin merupakan jemaah haji tertua dari Aceh tahun ini. Ia berasal dari Aceh Tamiang.

"Mat Budin lahir tanggal 13 mei 1920. Beliau jemaah tertua tahun ini. Umurnya 99 tahun. Bekerja sebagai petani dan tinggal di Dusun Jembatan Desa Juar Kecamatan Sekerak," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00