• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kapolri Bentuk Tim Khusus Tangani Karhutla

17 September
13:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru: Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian dengan tegas akan memberikan hukuman dan penghargaan (reward and punishment) kepada anggotanya yang tidak bekerja dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolri Tito Karnavian membentuk tim khusus yang akan menilai kinerja anggota yang penanganan karhutla dan upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

"Saya bentuk tim silakan bergerak dan nanti ada tim penilai dari mabes polri jajaran Irwasum dan Propam yang akan cek seluruh wilayah tarmasuk Polsek, Polres, Polda. Kalau seandainya ada yang tidak terkendali dan upaya maksimal, serta penangkapan tak ada maka Kapolda, Kapolres out," tegasnya.

Hal sebaliknya juga akan diberikan penghargaan bagi anggota yang bekerja maksimal lakukan penanggulangan karhutla. 

"Kalau seandainya mereka berhasil melakukan penangkapan tertangkap tangan dan lalai, maka kita berikan reward sekolah, promosi, termasuk KPLB (Kenaikan Pangkat Luar Biasa) sehingga dengan ada reward ini akan terpacu anggota di lapangan," imbuhnya.

Selain itu, penanganan pidana pembakar hutan dan lahan dari perusahaan akan diturunkan dengan bantuan Bareskrim Mabes Polri. 

"Termasuk masalah korporasi kita turunkan Bareskrim khusus menangani masalah korporasi bukan perorangan.  Kemudian kordinasi dengan stake holder terkait yakni Lingkungan Hidup dan Kehutanan," papar Tito.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00