• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Mendes PDTT: Dana Desa Gunakan Untuk Membangun Desa-Desa Wisata

17 September
12:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo saat berkunjung di kepulauan Nias Sumatera Utara pada event Sail Nias 13-17 September 2019 meminta dana desa digunakan untuk pemberdayaan SDM.

Hal itu dikatakannya saat diwawancara RRI usai menyaksikan Festival Kopi Nusantara yang berlangsung di Kota Gunungsitoli.

Pemberdayaan SDM itu jelasnya dapat dilakukan dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan pemberdayaan ekonomi desa melalui Bumdes-bumdes. Apalagi menurutnya potensi wisata di kepulauan sangat besar, Bumdes dapat belajar dari Bumdes wisata yang sukses yang sudah berpartisipasi pada Festival Kopi Nusantara yang digelar selama beberapa hari di Kota Gunungsitoli.

Ia menilai infrastruktur jalan di Kepulauan Nias sudah cukup memadai sehingga sudah saatnya dana desa dialihkan untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia.

Dengan anggaran dana desa yang sebelum hanya sekitar Rp. 257 triliun dan kini sudah sekitar Rp. 400 triliun Eko meminta kepada bupati dan walikota agar dana desa lebih banyak digunakan untuk membangun desa-desa wisata.

“Karena sudah terbukti dalam 5 tahun ini  desa-desa wisata sudah banyak yang pendapatannya puluhan milyar bahkan sudah banyak desa wisata yang membayar pajaknya lebih besar dari dana desa yang diterimanya”, ungkap Eko.

“Saya melihat potensi wisata di Pulau ini sangat besar, saya sudah bilang kepada bupati agar saatnya untuk membangun desa-dewa wisata, dengan demikian perekonomian masyarakatnya bisa meningkat”, ajak Eko

Desa-desa di kepulauan Nias juga menurutnya bisa mengadakan event Tour De Nias misalnya, apalagi jalan-jalannya sudah cukup mulus, trafficnya tidak terlalu ramai dan komunitas sepeda kini sedang trend dimana-mana. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00