• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tiga Bulan Erupsi Bromo, Pengusaha Jas Pariwisata Merugi Rp 21M

21 January
14:03 2016
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya: Erupsi Gunung Bromo ternyata tidak hanya tercatat sebagai bencana, namun juga mencatatkan sejumlah kerugian materiil akibat menurunnya jumlah wisatawan di kawasan Taman Nasional milik Jawa Timur ini. 

Fariana Prabandari, Kepala Bidang Wilayah 1 Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), menjelaskan dalam tiga bulan selama Erupsi tersebut, jumlah wisatawan turun sebesar 43%.

"Dalam tiga bulan terakhir mengalami penurunan, pasti. Terutama dipintu masuk Cemoro Lawang, Wonokitri, sama Tupang. Itu tiga pintu masuk asal muasal wisatawan yang akan berkunjung ke laut pasir dan Gunung Bromo," ungkap Fariana, disela koordinasi dengan TNI di Surabaya, Kamis (21/1/2016).

Sedangkan jumlah kerugian materiil yang diakibatkan penurunan jumlah wisatawan tersebut, mencapai Rp 21 milyar hanya dari tiga pintu masuk kawasan Bromo tersebut.

Dikatakannya, total kerugian sebanyak itu lantaran banyaknya jasa wisata yang terdampak, antara lain jasa penyewaan Jeep, jasa penyewaan Kuda, dan jasa penyewaan Penginapan baik Hotel maupun Homestay.

"Total dari semua jasa wisata, Probolinggo itu Rp 10,2 M; Malang Rp 5, sekian M; dan Pasuruan Rp 4,8 M, total dari tiga pintu masuk itu Rp 21 Milyar," tambahnya. (Anik/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00