Bisnis Kelapa Hijau Menguntungkan di Bulan Ramadhan

KBRN, Pontianak : Seorang warga bernama Samsul Arifin tengah mengupas buah kelapa. Tak jauh jaraknya di persimpangan Jalan Dr Wahidin, Sutomo dan Danau Sentarum lokasi berjualan buah kelapa hijau Samsul Arifin. Tepatnya di areal halaman ruko di dekat Jl Ilham Pontianak.

Sejak pukul 15.00 WIB, ia sudah bersiap bersama peralatan dagangan kelapanya sambil memilah milih mana buah kelapa yang akan dijual. Ditemani sang istri menjadi pedagang musiman telah digeluti Samsul Arifin dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kebelakang.

Tak tanggung tanggung 50 buah kelapa perhari bisa dijual asalkan didukung kondisi cuaca yang baik. Buah kelapa dijual dengan harga Rp. 6 ribu perbuah, sementara untuk perbungkus buah kelapa bervariasi mulai dari Rp. 5 ribu dan Rp. 10 ribu.

Menurut Samsul Arifin buah kelapa ini didatangkan dari Sungai Itik dan Kalimas Kabupaten Kubu Raya karena faktanya kualitas kelapa dari daerah tersebut cukup baik. Wargapun paling suka dengan jenis kelapa muda yang isinya lebih enak dibanding kelapa yang tua. Alasannya karena kelapa tua isinya keras sulit untuk dikonsumsi. Diakui Samsul minat masyarakat membeli air kelapa hijau meningkat saat bulan Ramadhan sehingga iapun lebih mengidolakan menjual air kelapa dibanding air tebu.

“Bulan puasa ini lumayan banyak yang beli kelapa, minat warga cukup tinggi, biasanya bisa 50 buah kelapa saya jual” katanya

Kelapa muda hijau adalah satu di antara cara yang sangat efektif menghilangkan dahaga saat kita sedang kehausan. Apalagi pada momen Ramadhan seperti sekarang, ketika buka puasa. Selain airnya, kita juga dapat menikmati daging dari kelapa muda hijau. Daging putih dari kelapa hijau muda sangat lembut dan kaya akan serat, sehingga cukup mengenyangkan. Air kelapa hijau dapat menghilangkan dahaga dengan cepat begitu buka puasa, setelah seharian melakukan puasa dan tubuh tidak memiliki asupan cairan. Selain itu di dalam kelapa hijau mengandung banyak nutrisi dan mineral. Seperti vitamin B, vitamin C, kalisum, magnesium, dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00