Sedapnya "Batang Burok" Kue Asal Pontianak

KBRN, Pontianak : Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan berbagai hal. Entah itu keindahan alamnya, ragam budayanya hingga berbagai macam kulinernya setiap daerah memiliki makanan dengan ciri khasnya, tergantung dengan ragam budaya yang berkembang didaerah tersebut. Namun tidak sedikit pula antara daerah yang satu dengan daerah yang lain memiliki kesamaan dalam hal kuliner atau penyebutan namanya. Ada yang penampilannya cantik dan mengiurkan, tapi jika mendengar namanya tanpa melihat wujudnya, mungkin, anda tidak tertarik untuk menikmatinya, seperti Kue khas Pontianak yang satu ini.

Batang Burok, begitulah masyarakat Pontianak menyebut kue tradisonal khas yang dahulu merupakan makanan khusus untuk kesultanankadariah Pontianak dan kaum bangsawan. Cita rasa kue tradisonal yang berisi daging cincang, wortel, daun sop dan di makan dengan di berikan kuah santan berempah sangat gurih dan lezat jauh berbeda dengan namanya yang Batang Burok, entah mengapa dinamakan demikian karena tidak ada yang tahu, begitu ungkapan ibu Wati pembuat kue tradisional ini yang belajar membuat kue-kue tradisional secara turun temurun.

Menurut Wati , kini sudah sulit untuk memperoleh kue-kue tradisional jaman dulu, karena pembuatan kue ini, berdasarkan pesanan jika ada acara perayaan ,pameran kuliner atau pesanan khusus. Bahkan pembuatnya juga sudah  tidak banyak lagi, menurutnya mungkin karena kue-kue tradisional ini memerlukan ketelitian dan bermacam bahannya, sementara jaman sekarang semua ingin yang instan dan praktis.

Jika anda ingin mencicipinya tunggulah saat bulan Ramadhan. Karena sore hari di pasar-pasar juadah ada yang menjualnya. Penasaran ingin membuatnya, Kak Wati bersedia membagi resepnya :

Bahan yang diperlukan, uUntuk isi :

1. Kentang                         250 gram

2. Daging cincang               100 gram

3. Wortel                               2 buah

4. bawang putih                     2 buah

5. bawang bombay kecil          1 buah

6. Merica bubuk secukupnya

7. Minyak 1 sdm untuk menumis

Kulit dadar :

1. Tepung terigu                   300 gram

2. Telur                                   1 butir

3. Garam dan air secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Kupas kentang dan potong kotak kecil-kecil

2. Wortel juga dipotong kotak-kotak kecil

3. Bawang putih dicincang

4. Siapkan wajan, masukkan 1 sdm minyak goreng, masukkan bawang putih cincang dan bombay.

5. Setelah harum, masukkan berturut-turut, daging cincang, wortel, kentang, tambahkan air secukupnya.Masukkan garam, penyedap rasa dan merica bubuk

6. Aduk terus sampai kering, angkat, sisihkan

7. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, telur dan garam. Tambahkan minyak goreng dan air secukupnya, aduk sampai adonan tercampur rata dan agak encer.

8. Panaskan wajan atau teflon. dadar satu persatu adonan tadi

9. Ambil satu lembar dadar masukkan adonan isi terus dilipat seperti kita membuat kue dadar gulung.

10. Siapkan mangkuk tahan panas, susun kue dadar tadi di atasnya. Kemudian siram dengan santal kental yang sudah dicampur dnegan garam sedikit.

11. Kukus hingga kue dan santan matang.

12. keluarkan dari kukusan kemudian hias di atasnya dengan bawang goreng dan irisan seledri.

Sile di cobe!…..

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00