KRTV Festival 2020 Sukses dan Jadi Agenda Tetap, Muda : Tahun Depan ditambah Festival Film Pendek

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) sukses menggelar Kubu Raya Traveler Vlog Festival (KRTV Fes) yang baru digelar tahun 2020. Sebanyak 89 peserta yang tersebar di sejumlah Desa di daerah itu ikut bagian dalam Video Blog (Vlog) untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di masing-masing desa.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan memastikan tidak menyia-nyiakan ide kreatifitas dan juga karya-karya dari masing-masing peserta, karena Pemerintah Kubu Raya justru memerlukan banyak ide-ide dan gagasan segar agar terus “memanjakan” kualitas kebijakan dan juga sekaligus membuka peluan yang berdampak efek ekonomi, sosial bagi masyarakat Kubu Raya yang saat ini Pemda Kubu Raya sangat berupaya keras untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta sekaligus menjadi visi daerah ini mewujudkan Kubu Raya yang Bahagia.

“Kenapa kita cantumkan bahagia sebagai visi kita, karena kita sudah bertolak tidak hanya sekedar visi lokal tapi berdimensi global. Indeks kebahagiaan yang saat ini justru menjadi standart bagi dunia dan inilah yang seharusnya kita kejar. Kepuasaan hidup, makna hidup dan perjuangan hidup”, ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH usai menghadiri Malam Penganugrahan KRTV Fes tahun 2020 di Gardenia Resort and Spa, Sabtu (7/3/2020).

Bupati Muda menambahkan, jika tahun 2021 mendatang peserta KRTV Fes lebih banyak yang semuanya menyerang kampung-kampung dan kampung-kampungpun lebih bersemangat karena denyutnya lebih terasa dari situ bisa diukur indek kebahagiaan masyarakat. Diharapkan kedepannya dengan digelarnya KRTV Fes, masyarakat bisa jauh lebih bersemangat dan antusias untuk menata desa dan juga sekaligus membuat orang semakin senang dan bergeliat untuk datang ke Kubu Raya ini.

“Kedepannya, kita akan melaksanakan kegiatan serupa untuk mengangkat potensi wisata di setiap desa, karena kegiatan KRTV Fest ini sebagai salah satu terobosan yang kita lakukan untuk mengangkat berbagai potensi pariwisata yang ada di setiap Desa dan Kecamatan. Alhamdulillah dalam pelaksanaan perdananya tahun ini berjalan sukses dan ke depan kita akan merancang kegiatan serupa namun ditujukan untuk mengangkat potensi setiap desa," paparnya.

Orang nomor satu di Kubu Raya itu menjelaskan, ide KRTV Festival ini benar-benar didedikasikan untuk memberikan ruang keterlibatan pemuda yang ada di daerah ini agar bisa mengeluarkan ide kreatif dalam pengembangan pariwisata di Kubu Raya, karena Kubu Raya memiliki aset yang luar biasa, yaitu etnis dan budaya yang sudah berkolaborasi dengan baik di kabupaten itu. Ini menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki Kabupaten termuda di Kalbar itu yang patut dipertahankan dan dimanfaatkan untuk mengembangkan pembangunan melalui keberagaman tersebut.

"Kegiatan ini sejatinya merupakan penjabaran dari ide bahwa kubu Raya memiliki mimpi besar, bagaimana Kubu Raya memberikan kontribusi kepada negara ini, bukan menjadi beban, tetapi memberikan inspirasi bagi negara Indonesia," tuturnya.

Sebagai Bupati, Muda menyatakan dirinya melihat secara langsung semua vlog yang masuk ke panitia. Dirinya ingin melihat langsung semua karya para peserta untuk mengangkat potensi wisata Kubu Raya. Dari semua vlog yang masuk tersebut menunjukkan bahwa semangat anak muda Kubu Raya sangat luar biasa untuk ikut menjadi bagian dalam mengangkat potensi wisata di Kubu Raya.

"Selaku bupati, saya berterimakasih kepada para panitia, Dewan Juri dan Dinas terkait, khususnya para peserta yang sudah mengambil bagian dan berkontribusi dalam kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini, peluang pariwisata di Kubu Raya bisa semakin di kenal luas oleh masyarakat," ucapnya. 

Pelopor Salam Nanjak Kubu Raya itu menambahkan, Pemkab Kubu Raya akan selalu menggali dan memberikan ruang kreativitas kepada anak muda agar bisa menyalurkan ide kreatif nya dalam berkontribusi untuk daerah ini. 

"Tahun depan, Kubu Raya akan mencoba menggarap lomba pembuatan film pendek, untuk mengangkat berbagai potensi yang ada di desa. Mudah-mudahan ini bisa kita realisasikan, sehingga ke depan kreativitas pemuda di Kubu Raya akan lebih terasah," jelasnya.

Dirinya memiliki gambaran, jika banyak pemuda yang terlibat dalam pembuatan film pendek dengan mengangkat potensi setiap desa, maka semangat masyarakat desa untuk membangun daerahnya akan terwujud. Dan lebih dari itu, semua potensi desa bisa dikembangkan bersama dan ini akan menjadi semangat baru bagi semua pihak untuk bersama-sama membangun kabupaten itu.

‘Makanya saya yakin dan optimis kedepan kita tetap lakukan ini, tidak hanya vlog tapi akan ada film pendek juga. Jadi pada tahun 2021 mendatang akan ada dua festival yang akan kita gelar. Insya Allah kedepannya, kita lakukan vlog dengan kategori yang sama pada tahun ini tapi juga akan ditambah ketegori dan pendalamannya. Untuk film pendek dengan durasi antara 15 sampai 20 menit akan kita kompetesikan juga. Jadi siapapun dan dari manapun boleh ikut untuk mengangkat potensi pariwisata di Kabupaten termuda di Kalbar ini”, pungkasnya.

Pada Malam Penganugrahan KRTV fest 2020, peserta dihibur dengan sejumlah penampilan Widianto yang membawakan Cerita Pendek (Cerpen) dengan judul 1 Hari di Kampung Telok Berdiri, Pembacaan Puisi yang dibacakan Tokoh Thether Kalbar Pradono dan penampilan permainan biola yang digesek oleh Akmal.

Suasana malam minggu itupun semakin meriah saat Sekretaris Daerah Yusran Anizam, S.Sos, M.Si membawakan puisi dengan judul Negeri Ini Memang Kaya yang terinspirasi dari salah satu judul lagunya Iwan Fals.

Hiruk pikuk yang disertai tepuk tanganpun mewarnai tempat pelaksaan malam Penganugrahan KRTV Fest 2020, saat Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH bersama istri Hj. Rosalina Muda Mahendrawan menyanyikan lagu You Raise Me Up dihadapan peserta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00