Dulu Terabaikan, Kini Hutan Albasia Kuala Dua Menjadi Destinasi Wisata Baru Kubu Raya

KBRN, Kubu Raya : Warga Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) boleh berbangga karena saat ini Desa yang memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah Desa Parit Baru memiliki Destinasi wisata Baru bagi Kabupaten termuda di Kalbar itu.

Melihat besarnya potensi hutan Albasia yang berlokasi di Dusun Karya Satu, membuat Kepala Desa Kuala Dua Abbas, S.Ag menggandeng Pemuda di Desa itu dan berkoodinasi dengan P.T. Alas Kusuma selaku pemilik lahan untuk menjadikan Hutan yang dulunya diabaikan dan tidak dimanfaatkan untuk disulap menjadi tempat wisata.

Bak gayung bersambut, keinginan Kades Kuala Dua inipun direspon positif Bupati Kubu Raya. H. Muda Mahendrawan, S.H yang sejak dulu menginginkan adanya wisata di Kabupaten ke 12 Kalbar itu.

Setelah melakukan berbagai persiapan dan koordinasi secara intens dengan pihak terkait, Hutan seluas lebih dari 3,8 hektar itu diresmikan Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H,  Sabtu (18/1/2010).

Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan, diresmikannya Hutan Albasia sebagai Destinasi Wisata merupakan bagian dari kreasi dan inovasi kaum milenial dan pemuda di Desa ini, tentunya hal ini menunjukan kalau pemuda di Desa ini merupakan anak-anak yang maju dan senantiasa mengikuti perkembangan zaman.

"Insya Allah, pemuda-pemuda ini akan selalu berbuat yang terbaik bagian Desa Kuala Dua yang tercinta ini khususnya di Dusun Karya Satu yang akan menambah kreasi yang baru, yang memang dulunya tidak terlalu aktif. Sehingga dengan adanya wisata Hutan Albasia ini akan menjadi wisata baru di Kubu Raya",  ungkap Kepala Desa Kuala Dua Abbas, S.Ag.

Abbas juga mengapresiasi pihak P.T. Alas Kusuma yang mengizinkan lahannya berupa Hutan Albasia untuk dijadikan tempat wisata. 

"Alhamdulillah, dengan adanya wisata Hutan Albasia ini tentunya bisa menjadi wadah silaturrahmi dan menjadi tempat bersantai untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas seharian. Kalau saya lihat, kondisi adanya sangat indah dan sejuk, tentunya kondisi ini akan menjadikan seseorang akan merasa nyaman saat ada di lokasi ini. Insya Allah", tentunya. 

Di tempat yang sama, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Iping Indrawati menjadikan, adanya wisata ini merupakan wisata Albasia pertama di Kubu Raya. Pihaknya mengapresiasi peran pemuda yang disupport langsung dari Pemerintah Desa Kuala Dua dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengembangkan wisata Hutan Albasia ini.

"Mungkin kedepan, pihaknya menginginkan kedepannya lebih banyak diskusi antara Dinas Pariwisata dan masyarakat Desa Kuala Dua agar lokasi Hutan Albasia ini bisa lebih menarik lagi agar tidak kalah indanya dengan wisata Hutan yang ada di pulau Jawa",  ungkap Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Iping Indrawati.

Sementara itu, Direktur Mansuraya, Mansur Zahri menyampaikan, adanya Hutan Albasia ini tentunya akan menjadi tempat out bond baru bagi warga. Meski berada di pinggiran kota, namun lokasi ini tidak kalah menentang dan menarik untuk diijadikan tempat out bond.

"Untuk menjadikan lokasi ini, tentunya pihak Desa dan Pemerintah Daerah harus bersama-sama lebih menata kembali lokasi wisata ini agar lebih baik dan menarik lagi agar bisa dijadikan tempat out bond, karena dengan out bond ini yang bisa kota jual ke daerah lain agar warga di luar Kubu Raya dan Kalbar maupun mancanegara bisa merasakan tempat out bond baru dengan suasana dan tantangan baru", ungkap Direktur Mansuraya, Mansur Zahri.

Selain dihadiri ribuan pengunjung, peresmian yang dimulai pukul 13.00 wiba ini juga dihadiri Mansuraya Group, Mansur Zahri, Perwakilan P.T. Alas Kusuma, Kepala Desa Arang Limbung Hendra Amri, S.E. Generasi Pesona Indonesia, (GenPI), 70 komunitas pecinta alam, puluhan komunitas lainnya, puluhan mahasiswa dari sejumlah Universitas di Kalbar dan Kubu Raya Traveler-Tourism Vlog (KRTV). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00