Kunjungi Pontianak, Presiden PKS Takjub dengan Meriam Karbit

KBRN, Pontianak : Pengurus DPW PKS Kalbar mengenalkan budaya khas Kota Pontianak saat kunjungan Presiden PKSAhmad Syaikhu, Minggu (22/05/2022).  

Ahmad Syaikhu, bersama rombongan memainkan meriam karbit, yang biasanya dimainkan saat bulan ramadhan dan hari raya idulfitri. Lokasinya di  tepian sungai kapuas, gang mendawai, Kota  Pontianak. Ahmad Syaikhu dan rombongan sempat mencoba membunyikan satu dari lima meriam Karbit tersebut. 

Usai menyaksikan dan  menyalakan meriam karbit, Ahmad Syaikhu terlihat takjub dengan besar dan bunyi dari dentuman meriam yang dinyalakan.

"Subhanallah, baru kali ini saya lihat dan dengar langsung bahkan ikut memainkannya, luar biasa, hebat, keren dan ini salah satu budaya lokal yang harus kita jaga, dahsyat sekali, dan saya bersyukur bisa ikut memainkannya," ujar Ahmad Syaikhu. 

Sebagaimana diketahui, meriam karbit memiliki tempat dan memori khusus di warga kota Pontianak, bahkan di Kalimantan Barat. Dengan diameter sekitar 1 meter dan panjang hingga 5 meter, meriam yang terbuat dari kayu itu mampu menghasilkan bunyi yang menggelegar saat disulut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar