Inspiratif! Pemuda Asal Kota Pontianak Buka Usaha Kuliner di Tengah Pandemi

KBRN, Pontianak : Ditengah pandemi COVID-19 yang sangat berdampak terhadap sektor ekonomi bahkan menyebabkan sejumlah usaha terpaksa gulung tikar, seorang pemuda asal Kota Pontianak justru berani memulai bisnis kuliner di kota khatulistiwa.

Merintis usahanya sejak dua tahun lalu, pemuda berusia 26 tahun yang akrab disapa Kenny mulai membuka coffee shop yang tak hanya menyediakan berbagai menu kopi tapi juga menyajikan aneka dimsum hangat yang menggugah selera. Usaha kuliner yang diberi nama ‘Kopikoe dan Dimsum Pot’ ini terletak di Jalan Letnan Jenderal Sutoyo Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan.

“Awalnya saya melihat ada lahan kosong di kawasan tersebut dan rasanya sayang kalau tidak dialihfungsikan sebagai sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Jadi, saya terinspirasi untuk membuka coffee shop yang memang tren bisnis di Pontianak. Kenapa ada dimsum? Karena saya lihat peluang penjualannya cukup bagus kan disini kuliner ini belum banyak saingan,” ujarnya, Kamis (9/9/2021).

Menurut Kenny memiliki bisnis food and beverages tentu cukup menjanjikan pasalnya untung yang diraih dari usaha kuliner lumayan besar mengingat muda mudi di Kota Pontianak hobi nongkrong dan ngemil sehingga peluang inilah yang mesti dimanfaatkan dengan baik.

“Dari awal outlet ini berdiri saya tidak membuat konsep yang spesifik terkait tempat. Namun, saya ingin menciptakan tempat nongkrong sekaligus makan yang simple dan santai supaya konsumen yang datang kesini selalu balik lagi”, ungkapnya.

Kendati demikian, diakui Kenny memulai bisnis di bidang kuliner memang tidak mudah lantaran dia tidak memiliki basic bisnis sama sekali. Namun, dirinya terus belajar agar bisa mengembangkan usahanya di tengah pandemi COVID-19.

“Saya rasa membuka usaha kuliner di tengah pandemi ini malah banyak untungnya. Karena untuk mencari karyawan dan chef yang bisa dipekerjakan di Kopikoe dan Dimsum Pot justru mudah sebab banyak usaha yang tutup. Tapi dari awal buka sampai sekarang saya udah berkomitmen untuk tidak mengurangi jumlah karyawan, karena mereka disini juga cari nafkah,” katanya.

Sementara itu, untuk target konsumen awalnya Kenny menyasar kalangan muda. Tetapi, seiring berjalannya waktu makanan dan minuman yang dijual di Kopikoe dan Dimsum Pot pun banyak diminati pekerja kantoran dan kalangan pebisnis.

Setelah membuka outlet Kopikoe dan Dimsum Pot’ pertamanya di Jalan Letnan Jenderal Sutoyo, Kenny baru saja membuka outlet keduanya di Jalan Nusa Indah Baru, Pontianak.

“Untuk ke depannya saya mau mengembangkan usaha ini di sekitar Kalbar dulu, karena saya kan anak daerah Kalbar jadi lebih mengenal potensi disini”, pungkasnya,

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00