Tips Memancing Udang Galah di Sungai Kapuas

KBRN, Pontianak : Menghabiskan waktu dengan memancing adalah satu diantara hal yang bisa dilakukan, apalagi saat kondisi PPKM. Dimana semua kegiatan masyarakat dan tempat rekreasi dibatasi.

Bagi Anda yang gemar memancing, potensi sumber daya alam khususnya udang galah di sepanjang aliran Sungai Kapuas, bisa menjadi alternatif untuk menyalurkan hobi. 

Berikut ini tips yang bisa disiapkan sebelum pergi memancing udang galah. 

Pertama, pastikan situasi cuaca dengan memantau prakiraan cuaca dari instansi resminya yaitu BMKG Supadio Pontianak. 

Kedua, siapkan alat pancing. Disarankan untuk memancing udang galah, ukuran pancing nomor 2, batu timah dan anak udang untuk umpannya. Bisa juga cacing nipah atau cacing tanah. 

Ketiga, siapkan pakaian. Disarankan pakaian yang digunakan saat memancing harus serba panjang, agar Anda tidak kepanasan. Siapkan juga mantel untuk antisipasi, jika turun hujan. 

Berikutnya, alat transportasi. Bisa menggunakan speed, sampan atau perahu kecil. Jika Anda tidak memiliki speed sendiri, maka bisa menyewa dengan tempat penyewaan di sekitaran tepian Sungai Kapuas, misalnya daerah Sungai Berembang, Sungai Udang atau Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Biasanya, harga sewa untuk satu hari atau 24 jam, Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu, tergantung ukuran dan jumlah orang. Jangan lupa, harga belum termasuk bahan bakar minyaknya. 

Nah, tips yang terakhir ini sangat penting dan harus diperhatikan. Yaitu menentukan lokasi atau spot memancing. Disarankan spot memancing yang lokasinya agak rindang, misalnya di sekitaran pohon Nipah. Lokasi ini dinilai sangat ideal, karena biasanya banyak udang galah berkumpul mencari makan di lokasi ini. Namun patut juga Anda waspadai, karena biasanya, spot yang banyak udang ini ada juga binatang lainnya, seperti predator air tawar, Buaya. !!

Selain itu, saat Anda asyik memancing, tetap juga fokus untuk memperhatikan kondisi sekitar, misalnya saja gelombang air pasang. Fenomena alam ini bisa saja terjadi, apalagi saat angin bertiup kencang. 

Selamat berakhir pekan dan selamat mencoba ! 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00