FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Nasib Kapal Wisata Sungai Kapuas Ditengah Pandemi

KBRN, Pontianak : Menyusuri sungai Kapuas menggunakan kapal wisata menjadi satu diantara cara masyarakat Kota Pontianak, mengisi waktu terlebih di akhir pekan.

Namun sejak Pandemi Covid-19, penurunan omset dialami pengelola kapal wisata. Meski mereka diizinkan beroperasi setiap hari, namun sejak Pandemi jumlah penumpang menurun drastis. 

"Sebelum Pandemi Covid-19 sih penuh terus. Tapi sejak pandemi, penumpang sepi," kata Fahmi Kapten Kapal Wisata 'Hang Tua', Rabu (09/6/2021) malam. 

Menurutnya, meski sepi penumpang, namun kapal wisata yang melayani rute menyisir tepian sungai Kapuas tetap diminati. Baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Pontianak. 

"Sekali jalan kita angkut 80 sampai 100 penumpang. Maksimal itu 200 orang penumpang. Kita mulai beroperasi jam 3 sore sampai 10 malam. Satu kapal ini biasa tiga kali jalan," jelasnya.

"Ada juga yang memang pakai sistim sewa. Perjam kita layani untuk berkeliling di sekitaran sungai Kapuas. Biasanya wisatawan dari luar Pontianak," timpal Fahmi.  

Sementara itu, Aini satu diantara masyarakat kota Pontianak mengaku tidak bosan untuk menikmati pemandangan sepanjang tepian sungai Kapuas. Apalagi, pasca tepian sungai Kapuas ditata rapih ditata Pemkot Pontianak dan menjadi destinasi wisata.

"Tidak (bosan). Saat ini tepian sungai sudah rapih dan enak nyaman untuk dikunjungi," katanya saat ditemui di atas kapal wisata. 

Dengan membayar Rp. 15 ribu/orang untuk naik kapal wisata, Aini juga merasa tidak keberatan. Apalagi pada malam hari, hampir tergambar sebagian keindahan kota dilihat dari sudut pandang berbeda. 

"Kita bisa mengingat kembali masa kecil dulu, karena saya memang asli warga Pontianak. Kita bisa lihat masjid dan keraton Kadariya yang masih terlihat asli dan bangunan tua lainnya," tutupnya. 

Tidak hanya kapal wisata, namun disepanjang tepian sungai Kapuas khususnya di area water front city, tersedia juga jajanan khas yang harganya sangat terjangkau. Pengunjung yang datang ke area ini, juga bisa menikmati berbagai hiburan dan permainan anak-anak dengan protokol kesehatan Covid-19 tentunya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00