BI Kalbar Dukung IAGI Kembangan Geowisata Temajuk Kalbar

KBRN, Pontianak : Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, tengah diperjuangkan menjadi kawasan geowisata. Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Kalbar yang kini terus memperjuangkan kawasan tersebut  semata untuk mendorong pengembangan destinasi wisata di Temajuk.

“Saya optimis apabila kawasan tersebut dikembangkan dengan konsep matang, maka daya tarik destinasi Temajuk akan semakin besar guna mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara”, ujar Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Kalbar, Hendri Wahyudi di Pontianak, Selasa (18/5/2021).

Untuk itulah IAGI menjalin karja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar untuk merealisasi hal tersebut.

“Perwakilan Bank Indonesia menyambut baik dan merespon positif terhadap rencana pengembangan  geowisata di Kalimantan Barat, khususnya di daerah Temajo, mudah-mudahan kedepan kita bisa berseniergi dan bersama-sama membuat model atau program pengembangan geowisata di daerah temajuk, kita akan segera tindaklanjuti dengan pembuatan konsep yang mena memang sudah kita siapkan juga”, jelas Ketua IAGI Kalbar.

Hendri Wahyudi menyatakan bahwa geowisata merupakan suatu kegiatan wisata alam yang berkelanjutan dengan menawarkan konsep alam dan menonjolkan keindahan, keunikan, kelangkaan dan keajaiban suatu fenomena alam yang berkaitan erat dengan aspek geologi. Dipilihnya Temajuk, karena kawasan ini memiliki beragam objek menarik yang mendukung wisata kebumian.

Hal senada diungkapkan, Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Agus Chusaini yang menyatakan dukungannya akan pengembangan geowisata di Temajuk dalam rangka mendongkrak pariwisata di Kalbar, khususnya di Kecamatan Paloh.

“Dia berharap, kajian tentang geowisata ini dapat mendorong percepatan pengembangan kawasan wisata tersebut. “Temajuk cocok sebagai destinasi wisata sebab kondisi geologinya bagus. Ini tentu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun dari dalam negeri”, harapnya.

Agus Chusaini mengatakan, kebetulan BI Kalbar sudah pernah melakukan konjungan ke lokasi Temajuk untuk survei sekaligus menggali potensi alam dan pariwisata yang dapat cocok dikembangkan.]

“Saya optimis jika Temajuk dikembangkan akan menarik wisatawan untuk hadir menikmati indahnya wisata alamnya, baik wisatawan dalam negeri mapun wisatawan mancanegara, apalagi Temajo berada di perbatasan Kalbar Indonesia dengan Malaysia”, tambahnya. (Hermanta).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00