FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Apresiasi Kerja Damkar Swasta atasi Karhutla, Ini Catatan DPRD Untuk Pemkot Pontianak

KBRN, Pontianak : Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak M. Arif meminta Pemkot Pontianak memperhatikan keterlibatan pemadam kebakaran (Damkar) swasta pada penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Menurutnya, keseriusan dan kepedulian Damkar swasta harus dibayar mahal, karena mereka sudah bekerja membantu pemerintah mencegah terjadinya bencana kabut asap. 

"Mengingat beratnya kerja pemadam untuk memadamkan api, kita minta pada Pemkot untuk memberikan bantuan operasional kepada pemadam swasta. Selama ini, mereka menjalankan tugas pemadaman itu dengan dana mandiri. Pemerintah wajib bantu," katanya, Minggu (07/03/2021).  

"Kami (DPRD) sudah menyampaikan kepada wali kota untuk dapat memberikan bantuan dari dana hibah kepada pemadam swasta, biar mereka juga bisa bergerak membantu kerja pemeirntah," timpalnya. 

Selain itu, mengingat keterbatasan akses sumber air di lokasi rawan karhutla di Kota Pontianak yang kerap menjadi kendala pemadaman lahan yang terbakar, M. Arif juga mengingatkan agar masalah ini diperhatikan instansi terkait. 

"Kita juga minta pemerintah menyiapkan fasilitas untuk pemadaman, misalnya tong air, selang, masker dan biaya operasional mereka. Harus ada bantuan dari pemerintah," ungkapnya. 

Politisi PKS Provinsi Kalbar ini juga mengapresiasi kerja semua pihak utamanya Damkar swasta, karena dengan kemampuan terbatas bisa memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah dalam mengendalikan api di lahan gambut yang terbakar. 

"Kerjanya efektif. Kita menyaksikan, setiap ada kebakaran mereka turun. Kemarin kita lihat juga ada anggota pemadam yang pingsan karena menghirup asap ya," tutup M. Arif. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00