FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

RAM Kalbar Bangun Akses Jalan di Lokasi Rawan Karhutla

KBRN, Pontianak : Rumah Amal Muwahhidin (RAM) Kalbar mendukung berbagai langkah yang diupayakan pemerintah dalam mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Yayasan ini juga mengapresiasi berbagai pihak yang terlibat aktif dalam penanganan Karhutla. 

"Melihat keseriusan pemerintah dalam penanganan Karhutla, tentu kita harus mendukungnya. Sehingga, dampak yang ditimbulkan, seperti kabut asap, tidak terjadi," kata Ribuwansah Ketua Yayasan RAM Kalbar, Minggu (07/03/2021). 

"Kami juga mengapresiasi keterlibatan pemadam swasta dan relawan peduli api serta semua petugas yang terlibat dalam penanganan Karhutla, khusunya yang kemarin bersama-sama warga memadamkan api, di jalan Parit Demang," sambungnya. 

Tidak hanya sekedar dukungan saat terjadi Karhutla, namun Ribuansyah juga menegaskan jika RAM Kalbar mencoba memberikan upaya real dengan membangun jalan secara swadaya agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat saat terjadi Karhutla di sekitaran jalan Parit Demang, Pontianak Selatan. 

"Sudah hampir sebulan ini, kita dari Yayasan RAM  bersama warga sekitar, gotong royong membangun jalan akses di Gang Nurhidayah. Harapannya, jalan ini bisa digunakan jika kemudian, terjadi lagi kebakaran lahan di sekitaran lokasi ini," jelasnya. 

"Lebar jalanya empat meter dan panjang sekitar 120 meter. Sampai ke titik yang kemarin terbakar (gambutnya)," timpal Ribuwansah. 

Sebelumya, Yayasan RAM Kalbar juga membangun sumur bor di wilayah ini. Fasilitas yang didanai melalui donasi umat tersebut, diharapkan dapat mempermudah penanganan Karhutla dan bermanfaat bagi warga setempat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00