FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Pelayanan Kependudukan Berbasis Daring, Mudahkan Warga Landak Urus Adminduk

KBRN, Pontianak : Pemkab Landak melakukan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) Online terintegrasi di kecamatan dan desa.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan, pelayanan adminduk online terintegrasi merupakan tindaklanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019, Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara daring (Online).

“Saya meminta kepada seluruh camat untuk dapat merealisasikan program dari Pemerintah Pusat ini agar Kita bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan efisien sehingga hemat waktu dan biaya bagi masyarakat sehingga tidak perlu lagi ke Kantor Disdukcapil lagi untuk mengurus administrasi," kata Karolin, saat rapat koordinasi bersama camat se-Kabupaten Landak dan dinas terkait, Senin (01/03/2021).

Hal- hal yang diperlukan dalam pelayanan adminduk online terintegrasi seperti peratalan, pendanaan serta payung hukum dan Standard Operating Procedure (SOP) harus segera disiapkan. 

“Yang terpenting itu kita akan membuat Payung hukum dan Peraturan Bupati Landak tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada camat di bidang administrasi kependudukan, serta pendanaan dan Standard Operating Procedure (SOP). Dalam waktu dekat ini akan segera Kita realisasikan di seluruh kecamatan,” terang Karolin.

Adapun mekanisme dan sistem pelayanan yakni pihak Kecamatan menerima berkas dan mengirimnya via aplikasi data pemohon melalui sistem SIAK kepada Dinas dukcapil Kabupaten Landak. Kemudian Dinas Dukcapil memproses dokumen kependudukan pemohon sampai tahap TTE (Tanda Tangan Elektronik) Kepala Dinas dan dokumen kependudukan pemohon yang sudah di TTE, akan diketahui oleh Pihak Kecamatan dengan adanya notifikasi otomatis. Selanjutnya Pihak Kecamatan mencetak dokumen kependudukan pemohon seperti Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTPel). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00