FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Karhutla di Segedong Mempawah Meluas, Polisi Dalami Unsur Kesengajaan

KBRN, Pontianak : Kebakaran lahan di Kabupaten Mempawah Proivnsi Kalbar terus meluas. Kecamatan Segedong adalah satu diantara lokasi rawan karhutla. 

Kapolsek Segedong Iptu Didik Darman Putra mengatakan, area lahan gambut yang terbakar semakin meluas. Karena itu pihaknya terus melakukan pendalaman untuk memastikan ada tidaknya unsur kesengajaan. 

"Sampai saat ini hasil penyelidikan khususnya di wilayah Kecamatan Segedong, belum ditemukan adanya pelaku yang sengaja membakar lahan," kata Didik saat melakukan pemadaman di Desa Peniti Dalam II dan Peniti Besar, Sabtu (27/02/2021). 

"Api berasal dari arah (gambut) dalam. Belum ada indikasi kesengajaan. Karena, cuaca juga sangat panas dan angin kencang," tambahnya. 

Sementara itu, agar lahan gambut yang terbakar tidak terus meluas, Polisi  bersama Satgas pencegahan dan pengendalian karhutla, Kecamatan Segedong  terus melakukan verifikasi dan pemadaman. 

"Titik api tiga hari ini meningkat. Kami dari Polsek Segedong dengan rekan koramil, aparatur desa dan kecamatan, kita sudah lakukan verifikasi terhadap titik api yang muncul. Kemudian kita langsung datang ke lokasi untuk memadamkan api," jelasnya. 

Saat memadamkan api, petugas mengaku kesulitan mendapat pasokan air. Karena lokasi terbakarnya gambut cukup jauh dari permukiman warga. 

"Kita padamkan dengan alat yang ada. Airnya disini memang sulit, karena lokasi jauh dari permukiman warga dan kondisi parit juga kering," tutup Didik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00