Kantor Desa Terbangun, Kades Kalibandung Percepat dan Maksimalkan Layanan ke Masyarakat

KBRN, Kubu Raya : Meski berada di daerah yang jauh dari ibukota Kecamatan di Sungai Raya, namun Pemerintah Desa (Pemdes) Kalibandung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus berupaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

Untuk mewujudkan hal itu, Pemdes Kalibandung melakukan berbagai upaya kenyamanan pelayanan, satu diantaranya dengan membangun kantor desa yang representatif sebagai upaya mempercepat pelayanan kepada masyarakat. 

Kepala Desa Kalibandung Kecamatan Sungai Raya Sanhaji mengatakan, pembangunan kantor desa sudah sangat diperlukan sekali, karena keberadaan kantor desa ini akan mempermudah pihaknya untuk melakukan berbagai pelayanan yang diperlukan masyarakat.

"Setelah berdirinya kantor desa ini, Alhamdulillah pelayanan kita sudah sangat baik jika dibandingkan dari sebelumnya. Sebab, dulu karena sempitnya kantor desa yang lama, tentunya kami sangat sulit untuk membahas Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan Alhamdulillah saat ini kegiatan itu sudah bisa kami laksanakan dengan baik", kata Kepala Desa Kalibandung Sanhaji di sela peresmian Kantor Desa dan HUT Desa Kalibandung kedelapan, Selasa (26/1/2021).

"Selain melakukan Musrenbangdes, kantor desa kami ini juga sudah digunakan untuk Musyawarah Dusun (Musdus) dan bahkan jika masyarakat ingin menggelar menggelar rapat apapun, Insya Allah kantor desa Kalibandung siap melaksanakannya", tambahnya. 

Sanhaji di menuturkan, pembangunan kantor desa yang berdiri diatas lahan 15X20 meter ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu dan baru bisa selesai pada tahun 2020 dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) Kalibandung selama empat tahun sebesar Rp. 700 juta lebih. 

"Anggaran yang digunakan untuk pembangunan kantor desa ini kami sisihkan dari ADD secara bertahap selama empat tahun, karena sesuai Peraturan Bupati (Perbup) anggaran yang bisa disisihkan untuk pembangunan kantor desa itu sebesar Rp.150 juta dari ADD pertahunnya, namun kami belum bisa menyisihkan anggaran itu dan kami hanya bisa menyisihkan anggaran berkisar antara Rp.110 sampai Rp.125 juta pertahunnya. Alhamdulillah pada tahun 2020, kantor desa ini bisa terbangun dengan baik", ujarnya. 

Kepala Desa Kalibandung dua priode itu menambahkan, untuk tahun 2021 ini kami akan memprioritaskan pembangunan insfrastruktur, diantaranya pembangunan jalan rabat beton di RT 01/RW 06 Dusun Maju Terus dengan panjang 380 meter dan lebar 1,5 meter, pembangunan jalan Desa Latasir/Sinset sepanjang 2 Km yang berada di RT 01/RW 02 Dusun Maju Bersama. 

"Dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), tahun ini kami juga akan membangun jembatan penghubung akses desa Parit Nek Tajur dengan panjang 8 meter dan lebar 3 meter di RT 02/RW 05, Kaliampo Tengah Dusun Maju Terus", ucapnya. 

Melihat perkembangan dan kemajuan di desa Kalibandung ini, anggota komisi I DPRD Kabupaten Kubu Raya Muhiddin merasa bersyukur, karena pemekaran desa yang lahir pada tanggal 12-12-2012 itu dirinya bersama warga lainnya sudah memperjuangkannya sejak tahun 2007 lalu bersama kades Sungai Asam almarhum Islam. 

"Alhamdulillah, dengan upaya dan pemikiran yang tulus dari seluruh masyarakat yang ada di sini yang menginginkan desanya menjadi maju, sehingga terwujudlah pemekarkan desa Kalibandung ini pada tahun 2012", ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menambahkan, pada tahun 2012 ada tujuh desa yang dimekarkan secara bersamaan diantaranya, Desa Kalibandung, Pulau Jambu dan desa Muara Baru Kecamatan Sungai Raya, desa Ampera Raya desa Sungai Malaya Kecamatan Sungai Ambawang, desa Punggur Kapuas dan Kecamatan Sungai Kakap dan desa Medan Mas Kecamatan Batu Ampar. 

"Pembanguan kantor desa itu jangan melihat megahnya, tapi cukup dan layak untuk bisa memaksimalkan fungsi-fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Tim Penggerak PKK dan semuanya juga harus bisa berfungsi di sini sehingga tagline 'kepung bakulnya' bisa berjalan dengan baik dan cepat", kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Peresmian kantor desa yang dihibur Tarian etnis dari Ikatan Pemuda Dayak Parit Cegar (IPDC) dan tarian pesona Kubu Raya itu juga dihadiri Ketua TP PKK Rosalina Muda, Kapolres Kubu Raya AKPB Yani Permana, S.I.K. M.HK, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar Sueb dan Anggota DPRD Komisi 1 Muhiddin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jakariansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Nurmarini, Kepala Dinas Perhubungan Odang Prasetyo, Kepala Dinas Tanaga Kerja dan Transmigrasi Heri Supriyanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Ayub, Camat Sungai Raya Suhari dan sejumlah kepala desa di Kecamatan Sungai Raya

Danramil Sungai Raya 

Tarian IPDC Ikatan Pemuda Dayak Paling Parit Cegat

Tarian Pesona Kubu Raya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00