FOKUS: #SRIWIJAYA AIR

Dewan Kubu Raya Dorong Usulan Ring Kanal ke Pemerintah Pusat

KBRN, Pontianak : Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Kubu Raya Muhammad Amri mengapresiasi adanya wacana pembangunan ring kanal untuk mengantisipasi banjir rob. Namun karena anggaran yang dibutuhkan pasti sangat besar, maka rencana ini harus diusulkan ke pemerintah pusat.

“Saya pikir ini Langkah bagus. Cuma masalahanya, ini melibatkan beberapa kabupaten kota. Tentu ini memerlukan tidak sedikit anggaran. Setahu saya kalua membahas ini dilevel APBD, saya pesimis program ini akan jalan. Karena kemampuan daerah itu, untuk APBD, prioritasnya lebih pada jalan poros dan segala macaml,” katanya, Sabtu (16/01/2021).

“Kalau ini mau dibuat, direncanakan dan didorong, bagus didorong ke Kementerian PU. Tinggal bupati, wali kota dan gubernur mengkomunikasi ini, agar jadi program prioritas di tahun 2022,” timpal M. Amri.

M. Amri menilai, jikapun usulan itu bisa diajukan ke pemerintah pusat, tentunya realisasi target adalah jangka Panjang. Sebagai solusi jangka pednek, dirinya meminta pemerintah daerah fokus membantu korban banjir rob yang terjadi di wilayah pesisir Kabupaten Kubu Raya.

Politisi PKS ini mengusulkan agar program bedah rumah yang ada di APBD Kubu Raya dialokasikan ke korban banjir rob. Meski demikian, ia meminta prosedur dan aturan harus dilihat kembali.

“Beberapa rumah di pesisir Kubu Raya terdampak banjir rob. Pemerintah daerah bisa membantu dengan bantuan bedah rumah. Setahu saya, sudah dialokasikan tahun 2021 ada 50 unit rumah di PUPR. Itu mungkin bisa dialokasikan untuk masyarakat yang terdampak banjir rob, yang rumahnya rusak dan hanyut misalkan,” ungkapnya.

“Tentu orangnya (penerima) juga harus dilihat, misalnya orangnya tidak mampu. Program bedah rumah ini standarnya ada di dinas terkait,” tutup M. Amri.

   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00