FOKUS: #SRIWIJAYA AIR

Banjir Kepung Kabupaten Landak, Karolin : Fokus kita evakuasi korban

KBRN, Pontianak : Pemerintah Kabupaten Landak bersama pihak terkait saat ini tengah berupaya menangani bencana banjir. Fokus penanganannya adalah, evakuasi korban hingga penyediaan tempat mengungsi bagi korban terdampak banjir. 

"Yang menjadi prioritas kami yaitu menangani para pengungsi, ini yang paling penting, kita telah berupaya menyediakan tempat untuk pengungsi, kemudian menyalurkan bantuan makanan dan menyediakan obat-obatan bagi mereka," kata Bupati Landak Karolin Margret Natasa di Ngabang, Sabtu (16/01/2021).

Menurut Karolin, banjir di Kabupaten Landak diakibatkan curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah itu sejak beberapa hari ini. Ada lima kecamatan yang sejauh ini terdampak banjir, yaitu Kecamatan Air Besar, Kuala Behe, Ngabang, Sengah Temila, dan Kecamatan Mandor. 

Di Kecamatan Ngabang sudah ada 20 orang yang berada di tempat pengungsian dan ada bayi yang berumur 29 hari, sehingga Bupati Landak mengingatkan bahwa yang paling penting berupaya mencegah tidak terjadi korban jiwa saat bencana banjir terjadi.

"Sebelumnya kita sudah perintahkan aparat mulai dari tingkat kecamatan hingga di desa yang rawan terkena banjir, agar bisa melakukan penanganan dini saat terjadi bencana jangan sampai ada korban jiwa, itu yang harus dihindari," ungkap Karolin. 

Berdasarkan informasi cuaca dari BMKG Supadio Pontianak, jika hari Sabtu (16/01) ini hujan dengan intensitas tinggi masih akan terjadi. Karena itu, Karolin mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana.  

"BMKG memperkirakan masih akan diguyur hujan menjelang siang dan sore, oleh karena itu saya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, bagi masyarakat yang memerlukan evakuasi dapat menghubungi aparat desa, agar dapat kami jemput dengan perahu karet atau kendaraan dari BPBD," jelasnya.

"Posko pengungsian kami saat ini di kantor Camat Ngabang, kami juga telah menyiapkan posko cadangan di eks kantor Bupati Landak jalur II. Mari kita bergotong royong dan saling menolong dalam menghadapi musibah ini. Dan saya mengajak seluruh elemen masyarakat berdoa agar cuaca segera membaik dan kita dijauhkan dari bencana yg lebih parah, Semoga Tuhan menjaga dan melindungi kita semua," tutup Bupati Landak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00