Pemdes Kuala Dua Ajak Warga Perbaiki Jalan Berlubang Secara Swadaya

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) secara swadaya dan gotong royong bersama masyarakat memperbaiki jalan lingkungan yang mengalami kerusakan di sejumlah titik dengan melakukan tambal sulam.

Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan, perbaikan jalan yang berada di wilayah ini merupakan inisiatif pihaknya bersama warga yang tersebar di empat dusun. 

"Kami tidak bisa menentukan berapa titik jalan yang akan diperbaiki karena perbaikan jalan ini difokuskan untuk menutup lubang di sepanjang 6 Km yang dimulai dari pintu gerbang Desa Kuala Dua sampai ke PT. Alas Kusuma dan sebagian jalan dari arah Rasu Jaya", kata Kepala Desa Kuala Dua Abbas, S. Ag di sela kesibukannya membantu melakukan perbaikan jalan, Rabu (27/10/2020).

Abbas menuturkan, kerusakan jalan ini sebenarnya sudah lama terjadi, karena jalan yang rusak ini merupakan akses utama bagi warga, makanya pihaknya bersama warga di empat dusun berinisiatif memperbaiki jalan ini dengan cara swadaya. 

"Insya Allah, semua jalan yang berlubang akan kita tambal sulam. Alhamdulillah, tingginya peran serta masyarakat san perusahaan di Desa Kuala Dua, semua bahan matreal (semen, pasir dan batu) bisa kita kumpulkan", ujarnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Dusun Keramat Satu Desa Kuala Dua Agung Sedhayu mengatakan, untuk perbaikan penambalan lubang-lubang yang ada di jalan KH. Abdurahman Wahid Kubu Raya, tepatnya yang melintasi Desa Kuala Dua, pada dasarnya atas inisiatif pemdes kuala dua yg diprakarsai kepala desa dan sekdes. 

"Selain itu, inisiatif perbaikan jalan ini juga melibatkan elemen perangkat desa Kuala Dua seperti Kadus, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Karang Taruna. Perbaikan jalan ini memang kami fokuskan pada jalan-jalan yang berlubang, karena selain kami mendapatkan keluhan dari masyarakat, kami sendiri sering melalui jalan tersebut saat hendak menuju ke Kantor Desa", ungkap Kepala Dusun Keramat Satu Desa Kuala Dua Agung Sedhayu. 

Dhayu menjelaskan, sambil menunggu perbaikan dari Pemerintah Daerah, pihak bersama perangkat desa berinisiatif memperbaiki jalan ini secara gotong royong dengan bantuan material dari para pengusaha yang ada di Desa Kuala Dua dan rencananya kita juga akan meletakkan kotak sumbangan di sekitar jalan tersebut jika ada masyarakat yang lewat dan ingin berpartisipasi memberikan sedikit rezekinya utk membantu pembelian material.

"Sekali lagi kami tegaskan, disini kita sifatnya swadaya, bukan menggunakan anggaran dari ADD maupun DD dalam pengerjaannya, yang mana saat ini kita bagi dua kelompok dalam pengerjaannya. Dengan melihat ruas jalan yang akan dikerjakan lumayan cukup luas, maka perbaikannya akan dimulai dari Dusun Keramat Satu kearah Dusun Keramat Dua dan kearah rasau Jaya", jelasnya. 

Dhayu menyampaikan, perbaikan jalan ini juga merupakan dukungan dari Pemdes Kuala Dua selaku tuan rumah dalam mensukseskan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Sungai Raya yang akan digelar pada tanggal 15 Desember 2020.

"Kami berharap pada pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan nantinya bisa berjalan baik dan sukses tanpa adanya kendala apapun. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin", harapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00